Trik Penggunaan Mesin Press Kaos

Posted on May 23, 2022

Berbagai mesin yang telah disiapkan untuk membangun usaha penyablonan digital/manual, tentunya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda beda. Salah satunya mesin press yang biasa digunakan untuk penyablonan kaos. Pemakaiannya sangat mudah bagi yang sudah terbiasa mengoprasikannya, namun harus tetap berhati-hati, agar terhindar dari kerusakan pada mesin press atau hasil dari penyablonan kaos itu sendiri.

Berbagai trik bisa kamu lakukan dalam penggunaan mesin press untuk kamu yang baru memulai usaha penyablonan, diantara lain:

  1. Pisahkan mesin press kaos dengan mesin sablon digital

Ketahuilah mesin press kaos memiliki suhu yang sangat panas,  jika diletakkan satu ruangan dengan mesin sablon digital seperti ( printer DTG ) efeknya membuat printer DTG mudah mampet dan merusak komponen printer DTG.

  1. Check daya listrik rumah dengan gaya listrik press kaos

Untuk konsumsi yang aman, gunakan mesin press kaos dengan daya listrik 600watt -900watt. Tetapi jika daya listrik rumah tinggi, menggunakan mesin press kaos watt tinggi pun tidak ada masalah yah teman-teman.

  1. Press media sebelum menempelkan (polyflex/transfer paper/sablon DTG)

Lakukan proses press media kaos sebelum pengguna melakkukan sablon custom pada kain kaos. Hal ini dilakukan agar permukaan kaos rata tidak berkerut, bulu kaos tertidur sehingga saat proses sablon dilakukan hasil akan maksimal.

  1. Suhu yang digunakan harus tepat

Sablon kaos memiliki beberapa metode dan bahan yang digunakan berbeda-beda, otomatis suhu dan waktu yang disetting pada mesin press kaos pun juga berbeda. 

  1. Tekanan mesin press harus kuat

Jika mesin press kaos sudah disetting dengan suhu dan timer yang benar, dan kaos sudah siap di press lakukan tekanan yang kuat pada tuas press kaosnya.

  1. Pentingnya menggunakan kain Teflon

Penggunakan kain taflon berlaku untuk semua metode sablon kaos baik digital maupun manual.

  1. Perhatikan perawatan sebelum dan sesudah pakai

melakukan proses sablon pengguna harus memeprhatikan perawatan sebelum dan sesudah habis pakai. Dalam artian sebelum menggunakan mesin press pengguna dapat memberishkannya dulu dengan cara lap bagian-bagian yang berdebu dan lain sebagainya. Kemudian, setelah habis digunakan dalam sablon kaos lakukan hal yang sama dengan lap bagian-bagian yang kotor terutama pada alas mesin press kaos / elemen pemanas mesin press kaos.

Sedang mencari percetakan terdekat di BSD untuk mencetak produk kebutuhanmu? Instaprint BSD adalah jawabannya. Sebagai salah satu percetakan berkualitas di BSD, lokasi Instaprint BSD juga tergolong strategis.

Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Serpong, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dengan bahan dan hasil berkualitas.

Instaprint BSD

Ruko Versailles Blok FB No. 22, Jl. Wortel I, Rawa Buntu, Serpong Sub-District, South Tangerang City, Banten 15318.

Jam Operasional – BSD

Mon – Fri: 09.00 – 22.00 WIB

Sat: 09.00 – 20.00 WIB

Sun: 11.00 – 20.00 WIB

Ph: 021-2223-5462

WhatsApp: +62 813-5676-7898
Sumber:

https://bengkelprint.com/7-trik-menggunakan-mesin-press-kaos-dengan-benar/