Informasi Yang Ada Dalam Nota

Posted on July 08, 2022

Pernahkah kamu membeli suatu barang dan dibuatkan bukti pembayaran sebagai proses transaksi yang telak dilakukan? Pasti sering kamu menemukannya. Bukti pembayaran tersebut adalah nota. Dari nota kamu bisa menukar barang jika tidak sesuai. Itu kegunaannya untuk para pembeli, namun ada kegunaan lainnya yang bisa dirasakan dengan penggunaan nota untuk para penjual. Seperti,  penjual memiliki catatan jumlah produk yang terjual, total jumlah pembayaran hingga menjadi sumber pembukuan.

Melalui bukti pembayaran ini, terdapat beberapa informasi yang wajib ada agar kemudian hari bisa dipertanggung jawabkan oleh kedua belah pihak. Yaitu berupa:

  1. Hari dan tanggal

Komponen yang wajib adalah hari dan tanggal, karena nota merupakan alat bukti pembayaran yang sah dan salah satu sumber pembukuan informasi hari dan tanggal harus ditulis dengan jelas. Pembeli dan penjual akan mengetahui kapan transaksi tersebut terjadi.

  1. Nama perusahaan dan jenis produk

Nama perusahaan juga harus tercantumkan agar menjadi bukti bahwa transaksi telah dilakukan toko tersebut. Manfaat lainnya adalah agar tidak mudah digandakan, berbagai jenis produk dan jumlah juga wajib dicantumkan pada nota tersebut.

  1. Tanda tangan dan stempel

Informasi yang penting dan wajib ada di nota merupakan tanda tangan dan stempel. Tanda tangan dan stempel membuat alat bukti tersebut lebih sah dan tidak mudah untuk dipalsukan.

Sedang mencari percetakan terdekat di Bintaro untuk mencetak produk kebutuhanmu? Instaprint Bintaro adalah jawabannya. Sebagai salah satu percetakan berkualitas di Bintaro, lokasi Instaprint Bintaro juga tergolong strategis.

Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Serpong, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dengan bahan dan hasil berkualitas.

INSTAPRINT BINTARO

Jn. Bintaro Utama V Blok. ED 1 No. 14 A Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.
Jam Operasional – Bintaro

Mon – Fri: 09.00 – 22.00 WIB

Sat: 09.00 – 20.00 WIB

Sun: 11.00 – 20.00 WIB

  1. : +62 21 2292 9165
  2. : +62 21 2292 9166

WhatsApp: +62 877-7000-9935

Sumber:

https://snapy.co.id/artikel/pentingnya-nota-dalam-usaha