Jaga Keberadaan Kain Tenun Dengan Melakukan 6 Hal Ini

Posted on May 12, 2022

Indonesia dijadikan sebagai negara yang memiliki kekayaan alam dan budaya dari berbagai suku, dengan berlimpahnya kesenian dari setiap kebudayaannya yang tidak akan hilang dimakan waktu.

Termasuk kesenian budaya tenun atau songket yang diproduksi dari tradisi tekstil yang memiliki keunikan di setiap daerahnya. Tenun ini dibuat dengan menyilangkan benang secara membujur sesuai dengan panjang kain yang akan dibuat.

Kain tradisional yang dikenal dengan kain peninggalan turun menurun ini, harus diupayakan untuk menjaga keberadaannya, yaitu:

  1. Ekspor kain ke negara lain

Kalian bisa melakukan pengeksporkan kekayaan ala mini ke negara lain. Dengan begitu, anda turut membantu melestarikan budaya.

  1. Mempelajari dan mengajarkan

Dengan mempelajari dan turut mengajarkan kebudaan itu menjadikan hal termudah yang dilakukan untuk turut menjaga dalam waktu lama.

  1. Mengadakan kegiatan kebudayaan

Melakukan kegiatan kebudayaan, membuat generasi muda berperan aktif dalam mempelajari dengan melihat secara langsung kebudayaan yang ada.

  1. Membawanya ke dunia internasional

Kamu bisa juga membawanya ke ajang pameran fashion.

  1. Menjadikan daerahnya tujuan wisata

Membuat daerah sebagai tujuan pariwisata dalam pembuatan kain tersebut. Dengan begitu, masyarakat asing atau lokal bisa melihat dan belajar bagaimana cara pembuatannya.

  1. Jadikan sebagai identitas

Menjadikan budidaya sebagai identitas bangsa adalah cara lain yang bisa dilakukan untuk melestarikannya. Hal ini bisa membuat masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan kehadiran budaya asing.

Apabila kamu sedang membutuhkan benang dan kain untuk usaha mu, PT. Lakumas adalah solusinya. Karena PT.Lakumas menawarkan berbagai jenis benang dan kain dengan harga kompetitif dan kualitas yang terjamin.

Kami berlokasi di:

Karawaci Warehouse Top Floor

Jalan Imam Bonjol KM 2,58, Karawaci, Tangerang, Banten, Indonesia 15115

Kamu bisa mengunjungi website dan media sosial untuk pemesanan di bawah ini.

Telp: +6221 5585433

Instagram: @lakumas

Sumber:

https://lakumas.com/2022/03/03/kain-tenun-dan-upaya-menjaga-agar-tidak-hilang-ditelan-waktu/