Inilah Penyebab Roda Mobil Mengalami Telapak Ban

Posted on May 17, 2022

Pentingnya suatu ban pada pengendara mobil. Membuatnya harus tetap focus pada kegunaannya, yang dimana mampu menahan seluruh beban mobil, dan seringnya melakukan pergesekan langsung dengan kondisi jalanan yang berbeda. Dengan seringnya melakukan perjalanan. Ada waktu dimana kamu akan mengalami telapak ban mobil dengan kondisi keausan tidak merata. Seperti telapak ban habis hanya pada satu sisi tertentu, sementara sisi lain dalam kondisi baik.

Pada kondisi ini, ban bisa membuatnya kehilangan daya cengkeram dan berakibat fatal jika mengalami masalah seperti aquaplaning. Maka pelajari sebab kondisi ini dengan:

  1. Tekanan udara ban kurang

tekanan udara yang tidak terjaga membuat dinding ban bekerja lebih berat dan mengalami defleksi berlebihan. Telapak ban turut mendapatkan tekanan berlebihan sehingga membuatnya cepat aus. Sebaiknya lakukan pengecekan berkala tekanan udara ban minimal satu minggu sekali.

  1. Membawa muatan berlebihan

Kelebihan beban yang diterima akan diteruskan menuju telapak ban dan membuatnya menerima tekanan terlalu tinggi melebihi batas yang diperbolehkan. Perhatikan muatan mobil sesuai dengan yang disarankan pada buku manual perawatan kendaraan.

  1. Lupa menjalankan spooring

pemakaian mobil dalam jangka waktu panjang bisa membuat penyimpangan pada roda akibat pergerakan pada komponen kaki-kaki. Efeknya akan berpengaruh pada kerja roda yang tidak seimbang dan habisnya telapak ban secara tidak merata. Lakukan spooring dan balancing secara berkala di toko yang menjual ban atau bengkel resmi.

  1. Kaki-kaki mobil rusak

Kerusakan pada komponen kaki-kaki mobil seperti shock absorber yang bocor dapat berimbas pada kinerja ban yang tidak lagi optimal. Pengecekan kaki-kaki mobil dan spooring ban mobil waktu servis berkala dapat mengetahui potensi kerusakan dan mencegahnya.

  1. Tidak melakukan rotasi ban

Rotasi ban dilakukan untuk menjaga keseimbangan tingkat keausan semua ban mobil supaya telapak ban menipis secara merata dan bertahap. Sebaiknya Anda melakukan rotasi ban setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali.

  1. Perilaku berkendara di jalan

Sering mengemudi dengan menekan pedal gas hingga habis atau mengerem mendadak, dapat membuat telapak ban mobil cepat termakan akibat gesekan dengan permukaan jalan. Oleh karenanya, jaga perilaku berkendara di jalan untuk mencegah ban mobil cepat aus.

Apabila mobil kamu mengalami kerusakan bodi akibat kecelakaan, baret, atau benturan, bisa mengunjungi bengkel spesialis bodi mobil, CAMS Bodyworks. Dengan tenaga ahli berpengalaman, CAMS Bodyworks memberikan pelayanan terbaik untuk memperbaiki kerusakan bodi mobil dan melakukan body paint dengan menggunakan real oven.

Selain itu, CAMS Bodyworks juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi dalam menerima klaim asuransi kendaraan, apabila terjadi kecelakaan besar. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi workshop CAMS atau menghubunginya lewat telepon, e-mail, dan DM Instagram:

CAMS Bodyworks – Paint and Body Specialist

Alamat : Jl. Telaga Gunung Serpong Raya No.8, Catalina, Gading, Serpong, Tangerang, Banten 15334

Jam Operasional:

Senin (8:30 - 17:00)

Sabtu (8:30 - 13:30)

E-mail : cams.bodyworks@gmail.com

No. Telepon : 0818 696 049 (Novril)

Instagram: @ cams.autobodyworks

Sumber:

https://www.oto.com/tips-mobil/ketahui-6-penyebab-telapak-ban-mobil-cepat-aus-dan-cara-mengatasinya