Hindarilah Pergantian Ban Kendaraanmu Dengan Berbeda Merk

Posted on May 25, 2022

Ban menjadi bagian terpenting pada kendaraanmu yang harus kamu perhatikan dalam penggunaannya. Dengan adanya ban, kendaraanmu dapat dikendalikan dan berjalan dengan lancar. Karna fungsi ban itu sendiri mampu memberikan cengkraman pada permukaan aspal dengan kondisi yang berbeda-beda. Dan mampu melakukan perjalanan dari Perjalanan dekat hingga jauh, dengan menuju satu tempat ke berbagai tempat yang lain.

Jika ingin perjalanan mu lancar, maka rawatlah ban dengan melihat tread wear indicator (TWI) pada telapak ban. Jika sudah terlihat aus atau ada indikasi kerusakan fisik, kamu wajib menggantinya. Kamu juga harus mengetahui waktu pergantian ban kendaraanmu, yang diperkirakan antara dua sampai empat tahun tergantung pekaian.

Saat adanya pergantian ban, hindari membeli ban dengan merek yang berbeda. karena setiap merek ban memiliki performa yang berbeda dengan membawa proses desain dan manufaktur yang berbeda juga.

Kamu juga harus memahami kebutuhan ban kendaraanmu sendiri, dengan melihat dari sisi materialnya dan konstruksi ban yang tidak sama meskipun ukurannya sama persis.

Ukuran juga tidak hanya menyangkut dimensi umum seperti lebar dan rasio tinggi ban. Ukuran di sini juga termasuk ukuran pelek, batas kecepatan maksimal dan load indexc. Perhatikan juga jenis ban apakah radial atau bias, tubeless atau dengan ban dalam.

Selain itu perbedaan tapak ban atau pattern atau kembangan ban juga dapat membantu stabilitas kendaraan saat digunakan dan akan menggangu bila terjadi perbedaan. Perbedaan performa ban akan terasa ketika kecepatan mobil cukup tinggi, seperti di jalan tol. Apalagi waktu melewati jalan dengan kondisi jelek, licin saat hujan dan memiliki muatan penuh. Jenis kompon dan grip tiap merek ban kemungkinan besar berbeda. Alhasil daya cengkeram ban yang digunakan akan berbeda. Mobil akan sulit dikendalikan karena perbedaan karakater ban kiri dan kanan yang akhirnya membahayakan.

Ban dengan merek yang berbeda sebagian besar tidak akan sama performanya di jalan karena beda tipe dan peruntukan. Misal produk ban A mengeluarkan jenis ban X dan Y dengan ukuran yang sama namun berbeda jenis karena peruntukannya berbeda. Pastinya kedua model ini kinerja dan karakternya berbeda. Salah satu indikatornya pola tapak ban keduanya berbeda disesuaikan dengan kebutuhannya.

Apabila mobil kamu mengalami kerusakan bodi akibat kecelakaan, baret, atau benturan, bisa mengunjungi bengkel spesialis bodi mobil, CAMS Bodyworks. Dengan tenaga ahli berpengalaman, CAMS Bodyworks memberikan pelayanan terbaik untuk memperbaiki kerusakan bodi mobil dan melakukan body paint dengan menggunakan real oven.

Selain itu, CAMS Bodyworks juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi dalam menerima klaim asuransi kendaraan, apabila terjadi kecelakaan besar. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi workshop CAMS atau menghubunginya lewat telepon, e-mail, dan DM Instagram:

CAMS Bodyworks – Paint and Body Specialist

Alamat : Jl. Telaga Gunung Serpong Raya No.8, Catalina, Gading, Serpong, Tangerang, Banten 15334

Jam Operasional:

Senin (8:30 - 17:00)

Sabtu (8:30 - 13:30)

E-mail : cams.bodyworks@gmail.com

No. Telepon : 0818 696 049 (Novril)

Instagram: @ cams.autobodyworks

Sumber:

https://www.oto.com/tips-mobil/bolehkah-ganti-ban-beda-merek-untuk-kendaraan-perhatikan-hal-hal-berikut