Tips Untuk Menghadapi Algoritma Instagram Terbaru

Posted on April 22, 2020

Setiap tahunnya, Instagram melakukan perubahan algoritma yang seringkali membuat para digital marketer geger. Mau tidak mau, perubahan algoritma tersebut harus dihadapi dengan baik. Hal ini memungkinkan para digital marketer untuk berpikir kreatif dalam menjalankan strategi pemasaran di media sosial, khususnya Instagram. Agar brand kamu bisa bersaing dengan kompetitor di Instagram, sebaiknya ikuti tips berikut ini untuk menghadapi perubahan algoritma di platform media sosial tersebut!

Gunakan hashtag yang relevan

Menambahkan hashtag memang dapat meningkatkan engagement dan menjangkau audiens lebih banyak. Selain banyak, audiens yang dijangkau juga sangat relevan dengan konsep brand kamu. Meskipun belakangan terdapat perubahan algoritma, bukan berarti Instagram menghilangkan indikator lamanya. Akan tetapi, penting sekali untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan gambar yang diunggahnya. Hal ini karena kini Instagram lebih cerdas dalam mengamati relevansi hashtag yang digunakan pemilik akun dengan fokus kontennya.

Posting konten pada saat audiens aktif

Sebelum mem-posting feed maupun story, ketahui dulu apakah audiens sedang banyak yang aktif atau tidak. Kamu bisa mengetahuinya lewat Insight. Ketika audiens aktif, itulah waktu terbaik untuk mengunggah konten di Instagram. Hal ini karena menjadi peluang yang baik dalam meningkatkan engagement dan interaksi dengan audiens. Alternatif lain untuk mengetahui kapan audiens aktif atau tidak adalah menggunakan website dan aplikasi social media management tool. Dengan tool tersebut, kamu juga mudah untuk menganalisa kebiasaan audiens di Instagram.

Berfokus pada engagement, bukan jumlah follower

Poin terakhir yang cukup menarik untuk menghadapi algoritma terbaru di Instagram adalah berfokus pada engagement. Tidak sedikit para pemilik brand yang masih menganggap bahwa popularitas akun bergantung pada besarnya jumlah followers di Instagram. Hal tersebut tidak berlaku lagi, apabila jumlah pengikut banyak tetapi tidak ada interaksi. Maka, solusi terbaiknya agar bisa menarik audiens di Instagram lebih banyak adalah meningkatkan konten yang interaktif. Misalnya mengajukan pertanyaan lewat IG Story, update feed dan story secara konsisten, mengadakan giveaway, dan masih banyak lagi.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

 

Sumber:

https://chubbyrawit.id/algoritma-instagram-tahun-2020/

https://digitalfinger.id/algoritma-instagram-terbaru-tahun-ini/