Tips Menulis Artikel untuk Keperluan Marketing

Posted on October 29, 2019

Sudah sebuah keharusan, jika perusahaan menduduki bagan tertinggi dalam SEO. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan strategi yang matang dan inovatif. Simak beberapa poin yang dapat membantumu mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang baik, guna memenuhi strategi konten marketing.

Riset Keyword

Sebelum menulis artikel, tentukan keyword yang sekiranya menarik target audiens. Kamu dapat mulai melalui riset keyword yang paling banyak dicari di mesin pencari (search engine). Buatlah keyword yang menjadi solusi dari permasalahan target audiens. Selain itu, artikel yang akan dibuat juga harus sesuai dengan produk atau jasa dari bisnismu.

Tetap Sesuai Outline

Setelah menentukan keyword, kamu dapat membuat tema atau outline yang akan dibahas. Paparkan beberapa poin penting yang menjadi highlight untuk disampaikan pada artikel tersebut. Setelah itu, uraikan lagi poin tersebut ke dalam sub – bagian. Manfaat dari pembuatan outline adalah menjadikan alur tulisan menjadi lebih terstruktur. Usahakan bahwa pembahasan dalam artikel tidak keluar jalur dari outline yang sudah ditentukan. Selain dapat membantu kamu dalam pembuatan artikel, outline juga penting untuk para audiens membaca dengan nyaman.

Tentukan Panjang Artikel

Tidak ada aturan khusus untuk menentukan panjang pendeknya sebuah artikel. Hal itu hanya disesuaikan oleh kebutuhan yang ada. Sejatinya sebuah artikel dibuat untuk menyampaikan pesan secara utuh kepada audiensnya. Tidak masalah apabila artikel tersebut terbuat dari ribuan kata, namun harus dipastikan setiap katanya memiliki value. Menurut survey yang dilakukan pada tahun 2017 oleh Orbit Media, sebanyak 19% dari 1055 blog yang diteliti mendapatkan respon yang lebih baik dengan artikel yang memiliki 500 – 1000 kata.

Bagikan Artikel ke Media Sosial

Setelah berhasil membuat artikel yang sekiranya sudah sesuai kemauan, langkah selanjutnya adalah mengunggah artikel pada website atau blog. Namun tak hanya itu, kamu dapat membagikan link artikel tersebut dan mendistribusikannya melalui media sosial lainnya, seperti: Facebook, Twitter, dan Instagram. Buatlah jadwal yang teratur mengenai posting artikel agar lebih banyak audiens yang didapatkan.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

 

Sumber:

https://blog.penulis.id/id/6-cara-menulis-artikel-untuk-keperluan-content-marketing/

https://www.logique.co.id/blog/2019/01/30/menulis-artikel-content-marketing/

https://koinworks.com/blog/membuat-konten-marketing/