Tips Mencari Micro-Influencer untuk Memasarkan Brand

Posted on October 22, 2019

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, teknik pemasaran kini beralih ke platform digital. Banyak pelaku bisnis menggunakan media sosial sebagai sarana memasarkan produk atau brand ke masyarakat. Berbagai cara dilakukan, mulai dari menggunakan sistem promotehashtag, tag, hingga memanggil influencer. Berbeda dengan product campaign tradisional yang mengandalkan mouth to mouth, memanggil micro-influencer justru memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan audiens.

Apabila kamu ingin bekerja sama dengan micro-influencer untuk memasarkan brand dan produk, sebaiknya ikuti tips berikut ini yuk!

Relevansi Brand dengan Micro-Influencer

Mencari micro-influencer tidak bisa sembarangan. Para pelaku bisnis perlu memilah mana micro-influencer yang cocok untuk mempromosikan brand-nya. Sesuaikan juga produk brand dengan minat dan isi konten mereka. Dengan begitu, kamu dan influencer bisa saling mengerti produk yang hendak dipromosikan. Jangan lupa juga untuk melihat, apakah brand tersebut berpengaruh besar dalam menarik perhatian konsumen, setelah bekerja sama dengan influencer.

Kuantitas Followers

Ada pepatah mengatakan, “Kualitas lebih baik daripada kuantitas.” Namun, dalam hal ini harus menyeimbangkan keduanya. Apabila menginginkan influencer dengan harga sedikit, maka micro-influencer yang memiliki pengikut kurang dari 10k bisa menjadi pilihan tepat. Akan tetapi, akun yang memiliki banyak pengikut belum tentu berkualitas. Bisa saja, mereka membeli followers meskipun jumlah like dan komentar tidak sebanding dengan jumlah pengikut, serta konten terlihat kurang menarik.

Cari Blog dari Micro-Influencer

Sebagai pelaku bisnis, kamu tidak hanya berfokus mencari influencer melalui Instagram atau akun media sosial lainnya. Sebuah pencarian dengan search engine di Google membantumu menemukan micro-influencer berkualitas dan potensial, khususnya blog. Mereka tidak hanya memasarkan konten yang dibuatnya dengan platform media sosial, namun ada juga yang membuat kontennya di blog. Bukan sekadar melihat profil, tetapi juga memperhatikan isi konten dan keaktifan dalam blog tersebut. Pastikan juga, apakah relevan atau tidak dengan produk dari brand yang hendak dipasarkan.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere