Instagram kini sudah menjadi platform media sosial yang digandrungi oleh banyak orang. Meskipun awalnya hanya digunakan untuk memamerkan foto, kini platform tersebut dipakai untuk kebutuhan pribadi, desain, hingga bisnis. Selain itu, Instagram tidak sekadar memamerkan foto-foto yang indah, melainkan juga memerhatikan penulisan konten seperti caption. Jangan salah! Caption dapat mengajak para pengunjung untuk saling berinteraksi. Agar penulisan caption menarik, yuk ikuti tips di bawah ini!
Singkat dan bermakna
Caption untuk Instagram harus mengandung pesan yang singkat namun bermakna. Mengingat semakin berkurangnya minat membaca, membuat caption panjang justru jarang dibaca oleh kebanyakan orang. Maka dari itu, buatlah caption yang menyentuh para follower, atau menarik perhatian konsumen. Usahakan caption yang singkat juga mengandung makna yang informatif. Sehingga, postingan tersebut mendapatkan traffic yang bagus.
Sesuaikan dengan EYD yang benar
Ini adalah poin terpenting yang harus dilakukan selama membuat caption. Gunakan ejaan yang sesuai dengan EYD, dan hindari kesalahan pengetikan alias typo! Jika ingin menggunakan bahasa slang atau kata-kata meme memang tidak salah. Akan tetapi, hindari banyak penggunaan singkatan seperti “yg” yang artinya “yang”, “sdg” artinya “sedang”, dan lainnya. Dengan memakai penulisan yang sesuai aturan, tentu akan membuat pembaca mudah memahami pesan pada caption tersebut.
Batasi penggunaan hashtag
Tidak sedikit pengguna media sosial yang menerapkan banyak hashtag untuk salah satu postingan. Kamu perlu tahu, bahwa penggunaan hashtag untuk sebuah postingan, sebaiknya minimalisir sekitar 1-4 hashtag. Jika terlalu banyak, maka post akan terlihat berantakan dan kurang efektif untuk dibaca oleh konsumen. Selain itu, disarankan untuk menempatkan hashtag di akhir caption, bukan di kolom komentar. Penggunaan hashtag juga harus sesuai dengan konten foto dan isi post ya!
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Sumber: