
Image credit: CreativeLive
Di zaman yang serba modern dan teknologi semakin canggih, banyak orang mulai menggunakan media sosial sebagai sarana marketing. Berbagai strategi dilakukan agar pemasaran melalui media sosial berkembang lebih cepat. Sebut saja seperti memperoleh likers dan pengikut dalam jumlah banyak. Maka dari itu, jika kamu baru memiliki sebuah brand dan ingin memasarkannya di media sosial, coba ikuti strategi-strategi berikut ini:
Gunakan Gambar yang Menarik Perhatian
Ini adalah poin terpenting dalam menerapkan strategi pemasaran di media sosial. Agar bisa menarik perhatian pengguna media sosial, sebaiknya kreasikan feed dengan visual menarik, seperti ilustrasi maupun foto. Komposisi warna juga disarankan untuk menyesuaikan dengan feed yang diinginkan, sehingga akan terlihat lebih indah dan cantik.
Buat Konten Unik dan Kreatif
Selain visual, kamu juga perlu merancang ide konten yang unik dan kreatif. Agar bisa menghasilkan ide kreatif, sebaiknya perbanyak referensi, membaca sumber, atau melihat tren yang ada. Kamu juga bisa membuat konten yang sedikit menyimpang dari referensi-referensi pada umumnya. Misalnya menggabungkan gambar, tulisan, dan video menjadi satu konten menarik.
Penggunaan Hashtag yang Relevan
Poin ini terbilang cukup efektif untuk memasarkan brand atau bisnis ke para pengguna media sosial. Hampir sebagian besar media sosial menggunakan hashtag, untuk mempermudah pencarian konten yang relevan. Di Instagram, kamu bisa menambah hashtag dengan maksimum 30 hashtag. Sebisa mungkin, hashtag yang digunakan jangan terlalu banyak, serta carilah yang relevan dan banyak dipakai oleh penggunanya.
Membangun Relasi dengan Influencer atau Public Figure
Meskipun memakan biaya yang cukup banyak, membangun relasi dengan influencer maupun public figure bisa menjadi salah satu trik bagus untuk meningkatkan pemasaran media sosial. Pasalnya, mereka memiliki jumlah pengikut dan likers dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga, kamu bisa mengajak mereka untuk bekerja sama dan membangun promosi yang kuat melalui akun media sosial mereka.
Menggunakan Sistem “Promote”
Sistem ini termasuk yang paling ampuh untuk memasarkan brand ke para pengguna media sosial. Seperti poin keempat, kamu membutuhkan banyak modal agar konten di media sosialmu bisa tersebar luas, serta diperhatikan oleh para penggunanya. Namun, kamu perlu tahu target-target brand-mu sebelum menggunakan sistem ini. Semisal target wilayah, usia, jenis kelamin, keyword, dan lainnya.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere