Strategi Branding untuk Perusahaan Startup

Posted on December 03, 2019

Branding merupakan salah satu hal utama dalam sebuah bisnis. Tujuan dari branding tidak hanya menjadikan perusahaan terkenal, namun juga menjadi pendukung proses perjualan terhadap bisnis yang ditawarkan. Tak luput juga bagi bisnis startup, branding menjadi PR (pekerjan rumah) yang harus dikaji secara jelas. Maka dari itu, perlu adanya strategi yang matang untuk melakukan branding. Berikut strategi untuk melakukan branding untuk perkembangan startup:

Tentukan Target Pasar

Tahap awal pembuatan bisnis adalah menentukan target pasar melalui demografi. Kamu harus mengetahui apakah pasar dari bisnis kamu berada di kalangan pekerja kantoran, millennial, ataupun pelajar, dan lainnya. Tentukan secara spesifikasi untuk mengetahui cara yang tepat untuk sosialisasi branding bisnis tersebut. Hindari melakukan promosi ‘untuk seluruh pihak’, hal tersebut dinilai tidak memberikan efek yang baik untuk bisnis startup kamu.

Belajar dari Kompetitor

Selanjutnya adalah belajar dari kompetitor bisnis. Kaji seluruh marketing tools yang digunakan oleh kompetitor. Dari situ kamu dapat menyimpulkan hal positif yang dapat diambil dan hal yang harus dihindari demi perkembangan bisnis startup. Sebaiknya untuk tidak melakukan cara yang sama dengan kompetitor untuk mendekati target pasar bisnis kamu.  Carilah inovasi dari kegelisahan kompetitor bisnis kamu, kemudian implementasikan cara tersebut dengan baik.

Cari Tahu Nilai Plus

Tampilkan kelebihan bisnis kamu sebagai pembeda yang signifikan dengan kompetitor. Seperti contoh, apabila pelanggan membeli bisnis yang ditawarkan akan diberi potongan harga. Buatlah strategi yang menonjolkan bahwa potongan yang diberikan dapat menarik lebih banyak calon konsumen. Dengan hal tersebut, akan menciptakan peluang yang membuat bisnismu berbeda dengan kompetitor.

Menjadi Sponsor

Banyak perusahaan yang menjadi pihak sponsor guna meningkatkan branding perusahaan. Namun perlu adanya ketelitian dalam memilih acara yang akan disponsori. Mulai dari keselarasan target pasar penyelenggara acara dengan target pasar bisnismu, hingga kuantitas audiens yang dijanjikan oleh penyelenggara acara kepada perusahaan Kamu.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

 

Sumber:

https://dailysocial.id/post/enam-cara-tepat-melakukan-branding-startup

https://www.labana.id/view/4-strategi-branding-untuk-startup/2016/12/15/?fullview