Era digital sudah didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z. Generasi Z dianggap menjadi peluang emas dalam sektor ekonomi, karena disebut – sebut sebagai generasi konsumtif. Selain itu, meningkatnya teknologi digital dan internet juga menjadikan generasi ini cepat menerima informasi dari seluruh dunia. Untuk mendapatkan perhatian dari generasi Z, pelaku bisnis harus menciptakan konten yang unik dan beragam. Keragaman kunci fokus dari generasi ini untuk berinteraksi secara luas dengan brand. Berikut beberapa strategi branding untuk menarik generasi Z:
Konsisten terhadap Konten Khusus
Buatlah konten branding sesuai dengan setiap platform yang digunakan. Jika pesan tersampaikan dengan platform yang benar, target pasar (Generasi Z) dapat memahaminya. Jangan lupa untuk membuat konten yang autentik. Keunikan dari konten akan memengaruhi seberapa besar brand diingat oleh target pasar. Generasi Z mudah untuk memberikan penghargaan kepada pihak yang mengambil konten sesuai isu yang dekat dengan mereka, seperti isu kontroversial. Brand harus dapat memosisikan diri dari sudut pandang generasi Z berdasarkan platform. Jika kamu telah memiliki konten yang autentik, usahakan untuk konsisten, hal ini akan membentuk bahwa brand sudah memiliki konten yang identik dan lebih mudah diingat.
Memakai Jasa Influencer
Influencer merupakan individu yang memiliki pengikut di media sosial dengan minimal 1.000 followers. Sebutan ini digunakan untuk orang yang dapat memengaruhi khalayak secara persuasif dalam bidang apapun, termasuk dalam keputusan pembelian ataupun perspektif terhadap brand. Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi Z sulit dipengaruhi oleh iklan – iklan konvensional. Banyak brand yang memilih bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan atau hanya sekedar meningkatkan branding.
Mengikuti Perkembangan Platform Baru
Salah satu cara untuk bisa mendekatkan brand dengan generasi Z adalah melalui aktif di platform media sosial yang biasa mereka gunakan, seperti Instagram dan YouTube. Namun, seiring berjalannya perkembangan digital juga akan selalu ada yang baru dan berinovasi. Kamu harus peka terhadap hal itu untuk mencari dan mengulik atensi dari generasi Z. Pihak brand harus menjadikan perkembangan tersebut menjadi kesempatan baru dan beradaptasi dengan baik sesuai format platform yang baru.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Sumber:
https://academy.getcraft.com/id/blog/tips-influencer-marketing-menarik-perhatian-generasi-z
https://www.digination.id/read/013376/3-cara-unik-rangkul-gen-z