Pentingnya Digital Marketing dan E-Commerce di Tengah Pandemik Corona

Posted on April 21, 2020

Pandemik COVID-19 membawa dampak besar di seluruh dunia, khususnya di bidang perekonomian. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Di antaranya adalah memberlakukan sistem WFH (Work From Home) dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Namun, upaya ini dinilai memiliki dampak positif dan negatif. Dari segi negatif tentu membuat aktivitas para pelaku bisnis terganggu, dan kehilangan omset dalam jumlah besar.

Hal ini membuat para pelaku bisnis harus memutar otak untuk menerapkan strategi bisnis baru, serta mempertahankan bisnisnya. Bagi mereka yang memiliki modal untuk platform teknologi seperti smartphone dan Wi-Fi tentu masih bisa mempertahankan bisnisnya dengan strategi lain. Akan tetapi bagi yang tidak memilikinya, akan merasa kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, akan ada jalan agar bisnismu dapat berjalan seperti hari-hari biasanya.

Menurut Tri Raharjo, Chairman Tras N Co (dilansir dari Warta Ekonomi), ada beberapa sektor bisnis yang mengalami kenaikan dan stabil. Di antaranya adalah bahan pangan, sembako, e-commerce, produk-produk kesehatan, apotek, supermarket, aplikasi, provider internet, dan lainnya. Dia juga mengungkapkan bahwa di tengah pandemik, jangan sampai penjualan mengalami penurunan drastis.

Solusi untuk mengembangkan bisnis di tengah pandemik, yang tidak lain lagi adalah meningkatkan brand dengan sistem digital. Belakangan ini, sebagian besar pelaku bisnis menggunakan digital marketing dan online shop, agar bisnisnya bisa bersaing di era digital. Ada berbagai jenis pemasaran digital yang seringkali digunakan, yaitu media sosial, search engine optimazion, e-mail marketing, hingga e-commerce.

Bagi yang belum memiliki modal cukup, kamu bisa melakukan sistem reseller produk-produk yang kini dibutuhkan masyarakat selama pandemik. Penting sekali untuk para pengusaha membuka peluang resell atau dropship secara daring bagi mereka yang terkena dampak PHK. Dengan peluang tersebut, para pengusaha juga bisa sembari meningkatkan brand awareness dan branding melalui digital marketing. Hal ini berguna untuk menarik perhatian audiens, dalam menjual produkmu kembali atau membelinya.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

 

Sumber:

https://www.wartaekonomi.co.id/read280988/di-tengah-covid-19-pemasaran-online-dan-digital-branding-jadi-pilihan

https://whello.id/tips-digital-marketing/digital-marketing-sebagai-solusi-bisnis-terdampak-social-distancing/