Langkah yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Rebranding

Posted on April 07, 2020

Rebranding adalah strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan dalam mengubah konsep, tujuan, branding, target pasar, hingga produk yang ditawarkan. Tidak sedikit brand besar yang menggunakan taktik rebranding untuk memperbarui konsep bisnisnya, demi mengikuti tren perkembangan bisnis dan menarik perhatian konsumen. Sebelum kamu ingin melakukan rebranding, sebaiknya perhatikan dan ikuti langkah-langkah berikut ini dahulu:

Evaluasi perusahaan

Sebelum melakukan rebranding, sebaiknya evaluasi dan riset kondisi perusahaan. Mulai dari target pasar, konsep brand, penyebab ingin melakukan rebranding, dan masih banyak lagi. Setelah itu, lakukan riset mengenai perkembangan situasi bisnis saat ini. Jika riset dilakukan secara mendalam, maka bisnismu akan lebih maju dibandingkan sebelumnya.

Beberapa hal riset yang musti diperhatikan antara lain adalah keinginan dan kebutuhan konsumen saat ini, persepsi masyarakat terhadap brand-mu, melakukan survei untuk mengetahui masukan konsumen, hingga mengetahui sejauh mana kompetitor dalam mengelola bisnisnya.

Membuat daftar perencanaan

Apabila riset sudah dilakukan secara mendalam, langkah berikutnya adalah membuat daftar perencanaan. Dengan daftar perencanaan, maka kamu mudah mengetahui hal-hal yang sudah dilakukan maupun belum dilakukan dalam proses rebranding. Misalnya mengganti logo bisnis, perubahan desain kebutuhan marketing collateral, company profile, stationery kantor, dan kegiatan rebranding lainnya.

Mempromosikan produk-produk rebranding

Apabila proses rebranding sudah matang, saatnya mempromosikan produk-produk barunya. Kamu bisa mengiklankan produk terbaru melalui platform digital seperti Adsense, Instagram Ads, Facebook Ads, dan lainnya. Apabila kamu memperluas akses iklan, maka jumlah pengunjung semakin meningkat untuk melihat produk-produk hasil rebranding.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere


Image credit: https://pixabay.com/id/users/geralt-9301/ 

Sumber:

https://blog.sribu.com/id/cara-rebranding/