Langkah Efektif dalam Membuat Moodboard untuk Foto Makanan

Posted on October 07, 2019

Food Photography berguna untuk menunjukkan tampilan makanan yang estetik dan menggugah selera. Namun harus adanya persiapan untuk membuat foto tersebut menarik. Salah satunya adalah dengan bantuan food stylist yang memikirkan penataan yang baik untuk foto makanan tersebut. Selain itu, Kamu perlu menyiapkan moodboard sebagai acuan kepada klien. Moodboard adalah media yang berfungsi untuk memberikan gambaran atau referensi dalam menentukan tema atau topik kepada pihak kedua. Dengan adanya media tersebut, akan memudahkan Kita untuk menyamakan pandangan tentang tampilan yang akan diperlihatkan. Maka penting halnya untuk memiliki moodboard food photography sebagai panduan klien menentukan tema yang ingin dipilih.

  1. Riset Tema

Moodboard merupakan kumpulan dari beberapa tema. Dalam pembuatan moodboard, Kamu perlu mencari tahu dan menentukan satu kata kunci dalam tema tersebut. Kata kunci berfungsi untuk memudahkan klien memahami tema yang disediakan.

  1. Mencari Referensi

Setelah menentukan tema, mulailah mencari referensi foto makanan dengan tema yang bersangkutan. Kamu perlu memilah referensi foto yang sesuai dengan ekspektasi. Namun, referensi tersebut harus diikuti dengan kemampuan teknik memotret yang Kamu miliki.

  1. Perhatikan Warna dan Cahaya

Pertimbangkan komposisi warna dan pencahayaan yang ada di makanan. Pastikan komposisi tersebut tidak menghilangkan keaslian dari elemen makanan. Melalui kualitas warna dan cahaya juga dapat memengaruhi orang yang melihatnya tergiur akan foto makanan yang ditampilkan.

  1. Seleksi Kategori

Kelompokkan referensi foto tersebut kedalam satu tema yang sudah dibuat. Diperlukan ketelitian untuk menyeleksinya. Kamu dapat memisahkan berdasarkan musim (summer, lebaran, valentine) atau zaman (tradisional, futuristic, modern).

  1. Eksplorasi Design

Referensi yang Kamu dapatkan akan meningkatkan kreativitas untuk membuat moodboard. Sesuaikan moodboard yang dibuat dengan menambah eksperimen dan pengalaman yang dialami. Jangan lupa bahwa food photography harus tetap representatif (menggugah selera dan clean/ hygenic).

  1. Deadline Pembuatan

Dalam pembuatan modboard akan memakan banyak waktu. Dibutuhkan ketelitian dan pertimbangan yang pas untuk mengeksplorasi dan mengulas tentang moodboard yang sesuai dengan ekspektasi. Berikan tenggat waktu agar Kamu dapat memaksimalkan proses pembuatan moodboard.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

Sumber:

http://www.upmosphere.id/blog/langkah-membuat-moodboard-yang-keren-dan-menarik_37.html

https://www.canva.com/learn/make-a-mood-board/

https://foto.co.id/10-tips-jitu-untuk-menghasilkan-food-photography-yang-keren/