Dalam dunia fotografi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memotret, baik untuk photoshoot model, produk, makanan, hingga jasa. Di antaranya adalah kamera, lampu, properti, hingga moodboard. Berbicara soal moodboard, sebenarnya tidak hanya desain yang wajib menggunakannya, melainkan fotografer juga perlu.
Buat yang belum tahu, moodboard atau inspiration board merupakan sarana untuk menampilkan berbagai macam inspirasi desain maupun foto ke klien sebelum melakukan proses produksi. Apa tujuan moodboard perlu untuk fotografer? Cari tahu jawabannya di bawah ini!
Mengarahkan estetika foto
Sebagai pemilik suatu bisnis produk, tentu menginginkan foto dan desain yang estetis, bukan? Agar konsep visual suatu produk terarah, moodboard menjadi salah satu hal utama yang perlu dipersiapkan oleh fotografer maupun desainer. Namun, tidak ada salahnya jika klien menyiapkan moodboard sendiri.
Dengan adanya moodboard, klien akan mendapatkan arah dan gambaran untuk mewujudkan foto produk dan brand sesuai visi dan misinya. Sebelum itu, fotografer perlu menerjemah dan mengembangkan maksud dari mood pada brand. Hal ini agar fotografer bisa mengarahkan mood foto estetis untuk foto brand yang sesuai.
Menjelaskan proses foto teratur
Selain mengarahkan mood atau konsep foto untuk brand, moodboard juga membantu fotografer menjelaskan prosedur dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk photoshoot. Mulai dari properti foto, model, alat-alat pencahayaan, background, dan masih banyak lagi. Selain alat, moodboard membantu fotografer dalam menentukan prosedur photoshoot. Diawali dengan persiapan apa yang harus dilakukan di awal, bagaimana teknik memotretnya, cara mengimajinasikannya, apakah perlu menggunakan model atau tidak, sampai proses akhir.
Sumber inspirasi
Terakhir, moodboard berguna sebagai sarana inspirasi bagi setiap fotografer. Mulai dari warna, properti, gaya memotret, filter, teknik pencahayaan, makna foto, imajinasi foto yang ingin dihasilkan, dan lainnya. Penting sekali untuk fotografer dalam mencari inspirasi yang sesuai dengan konsep brand klien. Misalnya, klien ingin menggunakan jasanya untuk memotret produk kecantikan. Sebelum meeting, fotografer akan mencari inspirasi di internet atau sumber-sumber referensi moodboard fotografi. Dari moodboard, klien dan fotografer bisa mendapatkan inspirasi foto produk dari suatu brand.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Image credit: https://pixabay.com/users/stocksnap-894430/
Sumber:
https://medium.com/@ignaciamanda/seberapa-pentingnya-sih-sebuah-mood-board-c847030c823f
https://infotografi.com/photoshoot-series-1-membuat-konsep-foto/