Penggunaan prinsip psikologi dan pemilihan warna untuk branding memang sangat diperlukan. Dengan menekankan itu semua, maka konsep brand dan produk yang ditawarkan terlihat semakin jelas. Selain mempertegas konsep, pilihan warna juga berpengaruh besar terhadap marketing brand. Pelanggan maupun klien bisa melihat kepribadian atau identitas brand dengan jelas. Nah, seperti apa makna psikologi dalam warna terhadap dunia branding? Simak ulasannya berikut ini:
Merah
Brand dengan konsep warna merah memiliki makna yang lebih semangat, penuh aksi, berani, seksi, menarik, dan hangat. Sementara, warna merah secara ilmiah dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan pacu jantung. Berbagai emosi biasanya diterapkan pada warna tersebut, baik dalam brand maupun logo. Selain itu, warna ini juga memiliki makna lain seperti membangkitkan luapan semangat dalam memuaskan keinginan konsumennya. Warna merah biasanya diterapkan oleh beberapa restoran, KFC, Wendys, Air Asia, Honda, J&T Express, PMI, YouTube, dan lain-lain.
Kuning
Warna kuning memiliki makna yang penuh kebahagiaan, kegembiraan, ceria, dan optimis. Hampir serupa dengan merah, warna ini juga terlihat menonjol, apalagi ketika berada di lingkungan ramai. Dilansir daeri IDS, di setiap Negara memiliki filosofi warna kuning tersendiri. Seperti di Jepang salah satunya. Memiliki makna serupa dengan merah, warna kuning di Jepang dianggap melambangkan keberanian. Sementara di Mesir, kuning dimaknai sebagai kesedihan. Beberapa contoh brand yang menggunakan konsep warna kuning di antaranya adalah McDonald, Nikon, PLN, Shell, DHL, dan lainnya.
Oranye
Makna warna oranye sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kuning dan merah. Seringkali warna ini juga dipadukan dengan merah dan kuning. Perlu kamu tahu, oranye diartikan sebagai lambang kesenangan, kebahagiaan, percaya diri, dan ceria. Warna ini juga dianggap dapat meningkatkan antusiasme konsumen yang melihatnya. Beberapa contoh brand atau logo yang menggunakan warna oranye adalah Blogger, Nickelodeon, Soundcloud, JCO, Master Card, JBL, Shopee, Pos Indonesia, dan masih banyak lagi.
Biru
Warna biru memang selalu dikaitkan dengan biru air yang mengalir tenang. Seperti air, warna ini memiliki simbol ketenangan, keseimbangan, dan kepercayaan. Sementara biru tua memiliki makna berbeda, yaitu tangguh, punya jati diri, professional, dan pengalaman. Penggunaan warna biru dapat menarik perhatian konsumen dalam memahami produk atau brand kamu. Contoh brand yang menggunakan warna ini adalah Aqua, Hp, Facebook, Twitter, Traveloka, Skype, Oreo, American Express, Unicef, Intel, dan lainnya.
Hitam
Jika brand kamu memiliki konsep minimalis, warna hitam bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, warna ini melambangkan netral, elegan, mewah, formalitas, dan ketegasan. Penggunaan warna hitam pada konsep brand atau logo, tentu dapat memberikan kesan profesional dan kuat dalam mempromosikan dan menggunakan produk brand tersebut. Beberapa contoh brand yang menggunakan warna ini adalah Adidas, Nike, Sony, Revlon, Cartoon Network, Sunsilk, dan lainnya.
Hijau
Warna hijau sebenarnya hampir serupa dengan biru, karena bersifat alamiah. Jika warna biru terkait dengan air, hijau terkait dengan pepohonan. Warna ini melambangkan alamiah, harmonis, kesegaran, sumber kehidupan, damai, tenang, dan pertumbuhan. Tidak heran jika produk atau brand menggunakan konsep warna hijau terkesan lebih segar dan natural. Pasalnya, brand berkonsep hijau mengutamakan kesegaran dan harmonis terhadap produk yang ditawarkan. Contoh brand yang menggunakan warna ini adalah Sprite, Android, Carlsberg, Go-Jek, Grab, Starbucks, Xbox, Spotify, Tokopedia, Animal Planet, dan lainnya.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Sumber:
https://idseducation.com/articles/mengetahui-makna-warna-primer-secara-psikologis-dalam-desain/
https://saveasbrand.com/inilah-10-arti-psikologi-warna-dalam-desain-logo/