Jika berbicara mengenai citra perusahaan, maka identik dengan peran dari praktisi Public Relations. Salah satu fungsinya adalah menyampaikan pesan dari perusahaan kepada publik. Pesan yang disampaikan harus dibawa secara persuasif untuk menyamakan perspektif melalui komunikasi dua arah.
Sebelum adanya perkembangan teknologi seorang Public Relations biasanya menggunakan media konvensional seperti: Televisi, Radio, atau Majalah sebagai sarana komunikasi dengan publik. Perkembangan teknologi komunikasi juga berdampak terhadap sarana yang akan digunakan oleh praktisi Public Relations dalam menjalankan tugasnya.
Melalui media sosial digital yang tidak memiliki keterbatasan jangkauan oleh letak geografis menjadikan pilihan tepat bagi publik dalam hal berkomunikasi. Media sosial juga kerap digunakan sebagai sarana kampanye perusahaan dalam menyelenggarakan program – programnya. Selain sisi keterjangkauan, komunikasi melalui media sosial dinilai cukup efektif dalam penyebarluasan informasi secara cepat dan mendunia.
Lantas mengapa PR Konvensional harus berubah menjadi Digital PR? Dengan kehadiran teknologi internet telah mengubah cara publik dalam berkomunikasi. Hal itu pula yang memengaruhi praktisi PR untuk mendekatkan diri kepada publik melalui media sosial. Keberadaan internet menjadi solusi Public Relations untuk melaksanakan tugas: 1. Membangun hubungan positif antara publik dengan perusahaan. 2. Mengelola informasi perusahaan.
Tugas dari seorang Digital PR tidak jauh berbeda dengan PR Konvensional. Semuanya memerlukan kreativitas dan inovasi dalam menyebarkan pesan kepada publik. Perbedaan paling mendasar adalah media yang digunakan. PR konvensional menggunakan media konvensional, sementara Digital PR menggunakan internet untuk menyebarluaskan konten.
Selain itu, Praktisi Digital PR harus memahami dan mengerti perkembangan media sosial. Dengan hal tersebut, akan memudahkan Digital PR dalam menyampaikan pesan kepada target audiens. Sarana media sosial juga dapat membantu dalam membentuk jaringan secara global.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Sumber: