Cara Membuat Konten Viral Pada Media Sosial

Posted on September 30, 2019

Membuat sebuah konten memerlukan berbagai strategi unik, guna mengundang perhatian para pembacanya. Salah satunya adalah melibatkan elemen viral ke dalam konten. Dengan membuat konten berelemen viral, maka traffic pembaca meningkat pesat. Apalagi kalau bukan karena ide kreatif dan proses yang kamu ciptakan. Seperti apa cara membuat konten yang berkaitan dengan informasi tren terkini atau konten viral? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

  1. Merancang konsep

Mulailah dengan memikirkan konsep yang sesuai dengan keinginanmu. Pastikan konten yang dirancang dapat berjalan dengan maksimal. Konten yang viral juga biasanya memuat informasi yang lengkap, hal tersebut yang menarik audiens tertarik mengikuti konten yang sudah dibuat. Jika sudah melihat berkurangnya audiens, segera perbaiki konsep konten untuk meningkatkan ketertarikan audiens pada konten yang dibuat. Selain itu, konsep konten tersebut harus bersifat universal, maksudnya adalah konten yang akan ditampilkan dapat diterima oleh semua kalangan.

  1. Membuat inovasi

Pada saat menyusun konsep, kamu harus membuat beberapa inovasi dari referensi konsep konten yang sudah didapat. Semakin lebih baik jika kamu melahirkan konten dengan konsep yang baru dan fresh yang akan disajikan. Konten yang anti mainstream memiliki peluang besar untuk viral. Namun, kamu harus memperhatikan apakah konten mengikuti perkembangan zaman. Jangan sampai konten tersebut tidak menarik target audiens karena tema yang dibahas sudah kadaluarsa.

  1. Pahami target konten

Setelah kamu menyiapkan konten dengan segala ide dan kreativitas yang sudah menjadi satu, jangan lupakan untuk membagi fokus terhadap target audiens. Prioritaskan target yang benar – benar menjadi sasaran kontenmu. Selain itu, tentukan juga kemana kamu akan menyebarkan konten tersebut, misalnya: melalui Instagram ataupun video pada Youtube. Jika memerlukan data yang pasti, lakukan analisa atau survey untuk memenuhi kebutuhan informasi.

  1. Format konten yang rapih

Ketika bersungguh – sungguh untuk menciptakan konten yang menarik bagi target audiens, pikirkan juga format pada konten tersebut. Kualitas dari visualisasi itulah yang menambah daya tarik konten akan disebar luaskan dengan baik. Kamu harus dapat memadu – padankan konsep, kalimat, yang informasi yang tertuang dalam konten tersebut menjadi satu kesatuan yang khas dengan karakter yang diinginkan. Susunlah jadwal yang teratur posting konten untuk membantu peningkatan kuantitas dari konten yang dibuat.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

  

Sumber:

https://www.cermati.com/artikel/8-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-membuat-konten-di-media-sosial

https://idcloudhost.com/cara-memaksimalkan-konten-sosial-media-yang-efektif/