Kehadiran aplikasi media sosial di era digital, memungkinkan para kreator konten dapat berekspresi sesuai keinginannya. Mereka bisa menyatakan aspirasinya, menyalurkan hobi dan minat, dan mengekspresikan diri melalui aplikasi-aplikasi penunjang konten tersebut. Dengan adanya wadah penampung konten, para kreator berlomba-lomba menciptakan konten terbaik dan sekreatif mungkin, guna menarik perhatian para penggunanya. Apa saja aplikasi yang tren untuk menyalurkan konten terbaikmu? Simak ulasannya berikut ini!
Media sosial ini sudah tidak diragukan lagi menjadi wadah bagi para kreator konten. Instagram pun bisa digunakan untuk konten apa saja, baik berupa tulisan, gambar, GIF, hingga video. Apalagi kamu bisa mencantumkan quote, wording, atau tulisan lainnya dengan latar belakang yang menarik. Belakangan ini, banyak kreator konten menjadikan akunnya di Instagram seperti editorial majalah.
Mereka mengkreasikan feed dengan layout semenarik mungkin, serta menggunakan tone warna yang sesuai. Selanjutnya, konten Instagram yang konsisten juga bisa mengundang perhatian dengan beberapa pengguna, yang memiliki minat serupa.
YouTube
Nah, berbeda dengan Instagram, YouTube lebih merujuk pada konten video atau musik. Para kreator konten yang berfokus pada video dan musik, tentu mengandalkan aplikasi ini. Sebut saja seperti game streamer, music creator, vlogger, animator, crafter, beauty vlogger, reviewer, film maker, reporter, dan masih banyak lagi. Pasalnya, YouTube memang sedang digandrungi oleh masyarakat di seluruh dunia. Banyak orang rela membeli kuota berukuran besar hanya untuk menonton YouTube.
Perlu kamu ketahui, membuat konten di YouTube memerlukan berbagai strategi. Jika ingin mendapatkan penghasilan, kamu harus memiliki jumlah penonton, likers, hingga pengikut dalam skala yang cukup besar. Selain itu, gunakan hashtag dan judul relevan sesuai dengan keyword umumnya, agar mudah ditemukan oleh pengguna.
TikTok
Banyak kreator konten di Asia mengandalkan TikTok, untuk menciptakan konten video singkat. Aplikasi ini dikategorikan sebagai media sosial video yang dirancang oleh developer asal Tiongkok, dimana kamu bisa mengunggah konten video dengan durasi singkat sampai 15 detik. Konten video yang dihasilkan oleh para kreator biasanya berupa lip-sync, komedi, dance, resep makanan, tutorial make-up, dan lainnya.