Yuk, Mengenal Komponen Mobil!

Posted on October 21, 2021

Untuk pengguna mobil baru yang massih awam tentang mobil, mungkin beberapa dari kalian belum mengenal komponen-komponen yang penting dalam mobil. Dari sekian banyak komponen mobil, ada komponen yang lebih penting dibanding yang lain. Mobil tidak akan berfungsi tanpa adanya komponen tersebut, bahkan bisa membuat bagian lainnya rusak.

Apa saja komponen tersebut? yuk, mari kita bahas pada penjelasan di bawah ini.

1.Sistem Pendingin

Sesuai namanya, sistem ini berguna untuk menyerap panas dari mesin agar tetap dapat beroperasi dengan maksimal. Tanpa ini, mesin akan mengalami overheat. Kerusakan pada sistem pendingin biasanya terletak pada radiator dan thermostat.

2. Transmisi

Secara umum, transmisi adalah salah satu sistem pemindahan tenaga yang meneruskan tenaga atau putaran mesin dari kopling ke poros propeller. Perawatan transmisi otomatis pada dasarnya lebih mudah dari manual. Meskipun begitu, umumnya cara merawat kedua jenis transmisi tersebut adalah mengganti oli transmisi secara rutin. Jika transmisi rusak akan memicu kerusakan pada komponen lain.

3. Suspensi

Komponen selanjutnya adalah sistem suspense. Suspensi yang baik dapat meminimalisir hal hal seperti, jalan berlubang dan tidak rata yang membuat pengemudi mobil menjadi tidak nyaman.

4. Ban

Seperti semua komponen mobil, setiap bagian dari ban telah dikembangkan menjadi lebih baik dan semakin bermanfaat. Setiap jenis ban mengandung senyawa yang akan mempengaruhi karakteristik ban. Ban yang bagus akan memberikan perjalanan yang mulus.

Ban tidak hanya benda bulat yang terbuat dari karet. Seperti semua komponen mobil, setiap bagian dari ban telah dikembangkan menjadi lebih baik dan semakin bermanfaat. Setiap jenis ban mengandung senyawa yang akan mempengaruhi karakteristik ban.

5. Rem

Rem adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah mobil. Apalagi teknologi yang semakin maju memungkinkan kecepatan dari sebuah mobil semakin tinggi. Karena itu, rem pun harus semakin baik. Semakin sering digunakan, bantalan rem perlahan haus dan harus diganti. Inilah yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil manapun. Jangan sampai rem mobil aus dan membahayakan nyawa pengemudinya sendiri.

Apabila mobil kamu mengalami kerusakan bodi akibat kecelakaan, baret, atau benturan, bisa mengunjungi bengkel spesialis bodi mobil, CAMS Bodyworks. Dengan tenaga ahli berpengalaman, CAMS Bodyworks memberikan pelayanan terbaik untuk memperbaiki kerusakan bodi mobil dan melakukan body paint dengan menggunakan real oven.

Selain itu, CAMS Bodyworks juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi dalam menerima klaim asuransi kendaraan, apabila terjadi kecelakaan besar. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi workshop CAMS atau menghubunginya lewat telepon, e-mail, dan DM Instagram:

CAMS Bodyworks – Paint and Body Specialist

Alamat : Jl. Telaga Gunung Serpong Raya No.8, Catalina, Gading, Serpong, Tangerang, Banten 15334

Jam Operasional:

Senin (8:30 - 17:00)

Sabtu (8:30 - 13:30)

E-mail : cams.bodyworks@gmail.com

No. Telepon : 0818 696 049 (Novril)

Instagram: @ cams.autobodyworks

Sumber:

https://www.liputan6.com/otomotif/read/2252976/10-komponen-mobil-terpenting-jangan-abaikan-ii