Tips Merawat Sistem Suspensi Mobil

Posted on April 28, 2021

Rusaknya salah satu komponen mobil seperti pada sistem suspense, maka dapat mengurangi konsentrasi saat mengemudi, yang imbasnya juga mempengaruhi keselamatan. Sistem suspensi mobil merupakan salah satu komponen mobil yang digunakan untuk menyerap getaran. Getaran tersebut terjadi ketika mobil berjalan, dan suspensi inilah yang berfungsi untuk menyerapnya. Sistem suspensi ini juga berfungsi untuk menjaga kenyamanan saat mobil digunakan berkendara.

Apa yang terjadi jika sistem suspense tidak bekerja dengan baik? Maka kenyamanan Anda selama mengemudi tentunya akan sangat terganggu. Maka dari itu diperlukan perawatan pada sistem ini agar sistem suspensi mobil tetap awet. Berikut di bawah ini merupkan tips untuk merawat sistem suspense agar kondisi mobil tetap awet dan terjaga.

  1. Rutin Membersihakan Suspensi
    Cara merawat paling mudah yang pertama, yaitu dengan rutin membersihkan dan merawat sistem suspense. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kotoran yang menempel pasa sistem suspensi bebas dari debu, lumpur, serta kotoran yang berpasir yang menempel pada sistem suspense. Apabila kotoran yang menempel tidak dibersihkan secara rutin maka cepat atau lambat akan menimbulkan karat pada sistem suspense.
  1. Mengganti Pelumas Secara Rutin
    Karena oli suspensi bisa berkurang atau mengental setelah lama dipakai, makanya perlu diganti secara rutin. Pada saat penggantian oli tentu disesuaikan dengan jenis dan tipe suspense yang ada pada kendaraan. Jadi, kalau oli yang digunakan tidak cocok maka, peredaman jadinya kurang maksimal. Perlu diketahui, lakukanlah penggantian oli setidaknya setiap 10.000 km atau setiap 6 bulan sekali.
  1. Hindari Menunda Penggantian Komponen Suspensi Yang Rusak
    Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah jangan pernah menunda penggantian komponen suspense yang rusak, karena dengan menunda penggantian komponen suspense maka akan mempercepat kerusakan pada komponen lainnya yang tidak rusak. Oleh karena itu, jika Anda mendapatkan salah satu komponen yang rusak, maka segeralah perbaiki komponen tersebut. agar komponen suspense lainnya tetap aman.
  1. Menghindari Jalan Bergelombang
    Selain merawat komponen suspensi, yang perlu diperhatikan juga pada saat penggunaan kendaraannya, yaitu dengan meminimalisir melewati jalan yang bergelombang, Karena fungsi utama suspensi memang untuk meredam getaran. Namun begitu, bukan berarti suspensi akan tetap tahan selamanya saat menahan guncangan. Setiap suspensi juga memiliki batas kemampuan peredaman.

Apabila mobil Anda mengalami kerusakan bodi akibat kecelakaan, baret, atau benturan, bisa mengunjungi bengkel spesialis bodi mobil, CAMS Bodyworks. Dengan tenaga ahli berpengalaman, CAMS Bodyworks memberikan pelayanan terbaik untuk memperbaiki kerusakan bodi mobil dan melakukan body paint dengan menggunakan real oven.

Selain itu, CAMS Bodyworks juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi dalam menerima klaim asuransi kendaraan, apabila terjadi kecelakaan besar. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi workshop CAMS atau menghubunginya lewat telepon, e-mail, dan DM Instagram:

CAMS Bodyworks – Paint and Body Specialist

Alamat : Jl. Telaga Gunung Serpong Raya No.8, Catalina, Gading, Serpong, Tangerang, Banten 15334

Jam Operasional:

Senin (8:30 - 17:00)

Sabtu (8:30 - 13:30)

E-mail : cams.bodyworks@gmail.com

No. Telepon : 0818 696 049 (Novril)

Instagram: @cams.bodyworks

Sumber: https://bacabrosur.blogspot.com/2020/04/cara-merawat-sistem-suspensi-mobil.html

https://otomoto.id/cara-merawat-suspensi-motor/