Tips Memilih Influencer untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Posted on June 15, 2021

Bagi Anda yang memiliki media sosial, tentu sudah tidak asing lagi dengan kata Influencer, dan juga Endorsment. Kedua kata ini saling berhubungan, Influencer merupakan orang-orang yang memiliki banyak pengikut atau penggemar di akun sosial media mereka. Seorang influencer biasanya membuat content mengenai produk yang mereka gunakan kepada pengikutnya dan biasanya mendorong pengikutnya untuk menirunya. Sedangkan, endorsement merupakan dukungan atau persetujuan. Dari asal katanya, endorsement dapat kita artikan sebagai suatu tindakan yang menyuarakan dukungan terhadap sebuah produk atau brand. Tindakan dari endorsement, juga termasuk mengenalkan sebuah produk, layanan, bisnis atau jasa kepada audiens dengan tujuan meningkatkan penjualan produk dan jasa. Orang- orang yang bisa melakukan endorsement ini sering kita kenal juga dengan sebutan endorser atau influencer. Nah, kali ini Upmosphere akan memberikan tips apa saja yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan endorse kepada influencer.

 1. Ketahui Target Market Anda

Jika Anda memiliki bisnis, dan ingin mencari influencer untuk mempromosikan bisnis Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengenali siapa target Anda. Buatlah target market yang Anda inginkan, mulai dari range usia, jenis kelamin, minat, dan lokasi. Jika lokasi yang Anda pilih adalah lokal, maka pilihlah influencer lokal. Akan tetapi jika Anda memilih target nasional, Anda tidak perlu mempertimbangkan faktor lokasi. Selain itu, ketahuilah karakteristik follower selebgram yang Anda incar. Apakah followers mereka dominan pria atau wanita lalu kira-kira berapa rentang usia mereka?. Ingat, salah memilih endorser maka seringkali akan merugikan Anda.


2. Pertimbangkan Kredibilitas atau Image si Endorser

Influencer yang kredibilitasnya kurang baik juga bisa mempengaruhi image atau kredibilitas produk dan brand Anda. Jika Anda yakin tetap memilihnya setidaknya Anda sudah tahu resikonya. Jadi, sebisa  mungkin hindari menggunakan selebriti atau influencer yang image-nya buruk atau sedang memiliki kontroversi. Image buruk memang bisa meningkatkan follower si selebgram tersebut namun kemungkinan followers tidak sesuai dengan target market Anda. Pilihah influencer yang memiliki image positif dan mempunyai pengetahuan umum yang sesuai dengan brand.

3. Sesuaikan dengan Budget

Setiap influencer tentu memiliki rate atau tarif yang beragam. Mulai dari ratusan ribu, hingga puluhan juta. Tapi, ada juga influencer yang mikro memberikan endorment secara gratis.
Teruntuk Anda yang sudah memiliki bisnis yang sudah memiliki keuntungan yang banyak, Anda boleh saa menggunakan influencer yang terkenal dan yang memiliki budget jutaan hingga ratusan juta. Tapi, kembali lagi kepada Anda yang memiliki budget berapa untuk melakukan endorsement kepada influencer.

4. Perhatikan Daya Tarik Influencer

Influencer yang bisa membuat konten unik akan mempunyai nilai plus untuk promosi Anda. Untuk itu, cobalah untuk mempelajari lebih dulu konten yang pernah mereka buat. Anda bisa mengintip konten- konten mereka di beberapa media sosial, seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan sebagainya.
Perhatikan bagaimana cara mereka mengemas konten dan juga caption untuk berinteraksi dengan audiens mereka. Dengan begitu, promosi yang Anda lakukan akan lebih mendapat perhatian audiens si influencer dan mendukung peningkatan brand awareness hingga konversi penjualan.

5. Kualitas Foto dan Video yang Dihasilkan

Untuk meilihat kualitas foto maupun video yang dihasilakan influencer, maka perhatikanlah isi feed atau konten mereka. Apakah di endorse sebelumnya influencer tersebut memperhatikan atau melakukan pengecekan kualitas foto atau video yang mereka buat?
Jika, hasilnya bagus maka Anda boleh memilih influencer tersebut untuk mempromosikan bisnis Anda.
Hal ini tentu sangat perlu diperhatikan karena kualitas foto dan video juga tidak boleh asal- asalan. Kualitas yang asal- asalan, tentu mengurangi daya tarik konten promosi itu sendiri. 
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Serpong, Lt.3, Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten.

Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

WhatshApp: 0895-0294-0210

Sumber:
https://blog.titipku.com/cara-cerdas-memilih-endorser-di-instagram/
https://pandagila.com/cara-memilih-endorser-instagram/