Tips Berpromosi Produk Online Di Bulan Ramadhan

Posted on April 15, 2021

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dan juga merupakan bulan berpotensi untuk mendapatkan keuntungan, khususnya kamu bagi para pelaku bisnis. Melihat banyak nya kebutuhan di bulan ramadhan dan menuju hari raya tentunya membuat perilaku konsumen kebutuhannya menjadi meningkat. Agar penjualan bsnis dapat berjalan dengan sukses, ikuti langkah di bawah ini mengenai tips meningkatkan penjualan di bulan Ramadahan.

  1. Membuat Konten Berupa Video

Seminggu sebelum Ramadhan dan seminggu menjelang Hari Raya, alangkah baiknya membuat planning postingan yang bertema Ramadhan, tujuannya agar dapat meningkat “reach” postingan pada media sosial. Contohnya jika memiliki bisnis penjualan kue, sebaiknya juga mengemas kue dengan packaging menarik yang bertema Ramadhan atau Hari Raya. Agar calon konsumen yang melihat postingan konten yang di upload, menjadi tertarik dan bisa saja membeli produk yang ditawarkan dengan packaging yang menarik tersebut.

Karena di Bulan Ramadhan pengguna media sosial semakin meningkat, sesekali jangan hanya memposting foto produk saja. Sebaiknya juga memposting video produk. Kemaslah video tersebut dengan kualitas video yang HD dan kualitas editing yang menarik. Contohnya buatlah video singkat dan menarik dengan bertema Ramadhan dan lebih menarik lagi jika di dalam video tersebut terdapat informasi promo menarik.

  1. Aktif di Media Sosial Tiktok

Bagi yang memiliki bisnis, apakah sudah mengenal tiktok? Tentu media sosial satu ini sudah tidak asing lagi di dengar di telinga. Karena tiktok kini menjadi platform media sosial terbaik untuk mempromosikan suatu produk. Jika membuat konten video yang menarik, tentu akan mendapatkan banyak penonton bahkan komentar positif dari natizen.

  1. Mengamati Perilaku Konsumen

Biasanya perilaku konsumen pada bulan Ramadhan banyak yang ingin melaksanakan buka bersama atau yang dikenal dengan istilah bukber, apalagi dikalangan anak muda, maka dari itu buatlah promosi menarik khusus paket buka bersama. Dan kemudian promosi tersebut dapat di infokan melalui platform media sosial bisnis yang dimiliki. Tujuannya agar orang-orang menjadi tahu bahwa ada promo menarik yang ditawarkan. Serta Jangan lupa jika memposting di media sosial gunakan desain yang bertemakan Ramadhan. Seperti menggunakan elemen-elemen berupa, bulan sabit, lentera, ketupat, kaligrafi, Bahasa arab dan background berwarna hijau. Dan yang paling penting adalah konten yang bertemakan kebersamaan.

  1. Menyediakan Berbuka Puasa Gratis

Karena di bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, sesekali sediakan lah takjil gratis atau buka bersama gratis di tempat bisnis, maka secara otomatis konsumen akan mengenali produk yang di jual dan bisa saja akan memberitahu kepada konsumen lain.

 

Sumber :

https://webpraktis.com/blog/strategi-meningkatkan-penjualan-di-bulan-ramadhan.html

6 cara promosi ampuh dibulan ramadhan

https://www.simplidots.com/tips-meningkatkan-penjualan-produk/