Perlengkapan Pakaian Adat Ngada Yang Di Kenakan Oleh Pak Presiden Joko Widodo

Posted on June 16, 2022

Moment kunjungan pak Jokowidodo bersama ibu negara Iriana joko Widodo pada 1 Juni 2022. Ada satu hal yang menjadi daya Tarik public yaitu pakaian adat ngada yang dipakai presiden Indonesia ini. Ketahuilah proses pembuatan baju adat ini dibuat dalam waktu 3 bulan, yang dilakukan oleh nenek berusia 76 tahun asal Bajawa, bernama monika ngadha.

Nenek monika bersama anggota Kelompok Tenun Ikat Indigo Langa, Berhasil membuat kain tenun khas daerah ngada, dengan menggunakan bahan alami berupa bambu pada benang, dan menggunakan rumput tarung untuk warna biru pada kain.

Pak jokowi pun mengenakan pakaian adat ngada ini dengan perlengkapan lainnya, berupa:

  • Boku (coklat/merah tua). Kain ikat penutup kepala yang dikenakan dengan cara dililit menyerupai kerucut di kepala sebagai pegganti topi. Symbol kebajikan pikiran menerangi pikiran dan menjadi panduan bagi masayrakat/ suluh
  • Mari Ngia (berwarna merah tua). Secarik kaiin yang diberi dekor khusus sebagai lambang mahkota dan berfungsi sebagai penahan/pengikat boku.
  • Lu’e (biru). Kain/selempang hitam/biru tua bermotif kuda putih atau biru yang dilipat sedemikian rupa dengan cara mengenakannya berbentuk menyilang di punggung.sumbol perlindungan Lu’e  dapat berfungsi sebagi selimut , melindugi dari terik matahari dan cuaca dingin
  • Sapu. Saru/biru ng itam yang juga bermotif kuda putih atau biru dan motif lainnya sesuai dengan tingkatan kedewasaan pemakainya, merupakan pasangan dari Lu’e.
  • Keru. Ikat piggang yang ditenun dengan cara khusus dan bermotif kuda yang berfungsi sebagai penahan Sapu.
  • Lega Lua Rongo: tas yang dianyam dari bambu yang dilapisi kulit kambing dengan bentuk khusus yang diberi aksesoris bulu kuda pada bagian tulang kiri, kanan dan bawah, dan diberi tali untuk digantung pada pundak. Symbol  siap sedia memberi dalam relasi social

 

Apabila kamu sedang membutuhkan benang dan kain untuk usaha mu, PT. Lakumas adalah solusinya. Karena PT.Lakumas menawarkan berbagai jenis benang dan kain dengan harga kompetitif dan kualitas yang terjamin.

Kami berlokasi di:

Karawaci Warehouse Top Floor

Jalan Imam Bonjol KM 2,58, Karawaci, Tangerang, Banten, Indonesia 15115

Kamu bisa mengunjungi website dan media sosial untuk pemesanan di bawah ini.

Telp: +6221 5585433

Instagram: @lakumas