Penyebab Aki Mobil Tidak Dapat Mengisi

Posted on April 19, 2021

Agar kendaraan tetap berjalan dengan lancar tanpa hambatan, tentu dibutuhkan Aki. Karena Aki merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengisian mobil yang berfungsi untuk menyimpan dan menyediakan kebutuhan energi listrik saat menghidupkan mesin mobil. Karena Aki memiliki peranan Penting pada kendaraan, maka dari itu kondisi aki harus selalu dijaga dan diperhatikan setiap saat. Dan apabila mobil tidak diperhatikan dan tidak mengisi, tentu mobil akan cepat mogok. Lantas apa saja penyebab aki mobil tidak dapat mengisi? Berikut penjelasannya di bawah ini.

  1. Aki Mobil Rusak

Hal yang paling umum terjadi jika aki mobil tidak mengisi yaitu, dikarenakan aki mobil memang sudah rusak. Aki mobil yang rusak maka tidak dapat digunakan untuk menyimpan arus listrik yang dihasilkan dinamo ampere. Seperti yang kita ketahui aki memiliki bahan-bahan kimia yang bereaksi terhadap listrik. Masing-masing dari bahan kimia yang digunakan juga luntur dengan sendirinya setelah beberapa kali mengalami proses melepas dan menyimpan arus listrik. Ketika bahan kimia tersebut sudah berkurang dan bahkan hilang, maka ini menandakan aki mobil sudah rusak.

  1. Terjadi Kerusakan Pada Dinamo Ampere Rusak (Alternator)

Selain karena aki mobil rusak, mungkin menjadi penyebab aki mobil tidak mengisi adalah dinamo ampere atau alternator. Pasalnya ketika mesin mobil hidup dan berjalan, secara otomatis komponen ini juga akan melakukan pengisian tegangan pada aki mobil tersebut. Namun jika kondisi dinamo ampere rusak dan membuat aki tidak terisi, maka secara otomatis tegangan yang ada pada aki akan terus terpakai bahkan akan terkuras habis dan menyebabkan aki rusak.

  1. Aki Tidak Mengandung Elektrolit

Mobil yang masih menggunakan aki mobil tipe basah, maka dapat diisi ulang. Agar membuat masa pakainya lebih panjang dan perawatannya lebih mudah. Maka dari itu jangan sampai lupa melakukan pengecekan secara rutin, agar aki tidak kekurangan zat elektrolit yang berguna untuk menghasilkan listrik. Apabila hal tersebut diabaikan begitu saja, maka zat yang menghasilkan kelistrikan akan hilang.

Apabila mobil kamu mengalami kerusakan bodi akibat kecelakaan, baret, atau benturan, bisa mengunjungi bengkel spesialis bodi mobil, CAMS Bodyworks. Dengan tenaga ahli berpengalaman, CAMS Bodyworks memberikan pelayanan terbaik untuk memperbaiki kerusakan bodi mobil dan melakukan body paint dengan menggunakan real oven.

Selain itu, CAMS Bodyworks juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi dalam menerima klaim asuransi kendaraan, apabila terjadi kecelakaan besar. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi workshop CAMS atau menghubunginya lewat telepon, e-mail, dan DM Instagram:

CAMS Bodyworks – Paint and Body Specialist

Alamat : Jl. Telaga Gunung Serpong Raya No.8, Catalina, Gading, Serpong, Tangerang, Banten 15334

Jam Operasional:

Senin (8:30 - 17:00)

Sabtu (8:30 - 13:30)

E-mail : cams.bodyworks@gmail.com

No. Telepon : 0818 696 049 (Novril)

Instagram: @cams.bodyworks

Sumber:

https://www.otoflik.com/penyebab-aki-mobil-tidak-mengisi/

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/ketahui-ini-4-ciri-aki-mobil-tidak-mengisi-/

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/performa-aki-mobil-drop-ini-penyebab-aki-mobil-tidak-mengisi/