Pahami Cara Membaca Kode Pada Ban Mobil

Posted on June 24, 2022

Bagi pemilik mobil, perlu juga memahami ukuran ban. Dimana kamu bisa mengukurnya melalui kode. Dari kode tersebut juga, bisa membuat kamu tidak salah dalam membeli ban mobil loh. Namun kamu harus dapat mengartikan kode dari ban kendaraan kesayangan mu. Salah satu contoh kode tersebut adalah 245/45 Z R 19 98 W, dan berikut adalah cara membacanya.

  • 245
    Angka dalam bentuk ratusan yang muncul pertama kali pada kode ban pada mobil ini berarti lebar bagian tapak ban. Artinya kode ini menunjukkan jarak antar dinding yang ada di sebuah ban. Jarak yang ditulis di kode ini menggunakan satuan mm
  • 45
    Arti dari angka selanjutnya yang muncul adalah aspek ketinggian sidewall. Cara untuk menghitungnya cukup mudah, yaitu menggunakan kode angka ratusan yang menunjukkan lebar bagian tapak ban dengan aspek lebar sidewall. Garis miring pemisah kedua kode ini diartikan sebagai kali.
  • Z
    Kode berupa huruf Z yang tertera pada ban ini melambangkan kecepatan mobil. Ban yang berkode Z berarti mempunyai kecepatan maksimal. Kode kecepatan ban lainnya yang diurut dari tingkat rendah hingga tinggi, yaitu S, T, hingga yang terakhir adalah Z
  • R
    Kode ban R diartikan sebagai bahan untuk menyusun atau konstruksinya. Radial atau R adalah ban yang memiliki lapisan bahan kain yang melintang di sekelilingnya. Di samping itu, ada lapisan tambahan yang ada di sekitar tapak ban.
  • 19
    Setelah beberapa kode di atas,arti dari angka 19 sembagi petunjuk diameter ban untuk mobil. Kode ban ini dibaca menggunakan satuan inchi. Angka yang menunjukkan diameter ini berbeda untuk setiap jenis ban, tergantung pada ukuran diameternya
  • 98
    Satu lagi kode berupa angka pada ban yang perlu Anda perhatikan. Angka 98 berarti besaran beban yang mampu untuk dibawa. Besaran angka ini sesuai dengan kemampuan mobil melaju. Apabila ingin membeli Anda harus memperhatikan angka ini sesuai dengan kualifikasi ban awal yang dimiliki.
  • W
    Huruf paling terakhir yang ada di kode ukuran ban ini berarti rating kecepatan ban. Ini menunjukkan daya tahan ban terhadap kecepatan laju mobil.

Ingatlah setiap jenis mobil memiliki ukuran ban yang berbeda.

Apabila mobil kamu mengalami kerusakan bodi akibat kecelakaan, baret, atau benturan, bisa mengunjungi bengkel spesialis bodi mobil, CAMS Bodyworks. Dengan tenaga ahli berpengalaman, CAMS Bodyworks memberikan pelayanan terbaik untuk memperbaiki kerusakan bodi mobil dan melakukan body paint dengan menggunakan real oven.

Selain itu, CAMS Bodyworks juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi dalam menerima klaim asuransi kendaraan, apabila terjadi kecelakaan besar. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi workshop CAMS atau menghubunginya lewat telepon, e-mail, dan DM Instagram:

CAMS Bodyworks – Paint and Body Specialist

Alamat : Jl. Telaga Gunung Serpong Raya No.8, Catalina, Gading, Serpong, Tangerang, Banten 15334

Jam Operasional:

Senin (8:30 - 17:00)

Sabtu (8:30 - 13:30)

E-mail : cams.bodyworks@gmail.com

No. Telepon : 0818 696 049 (Novril)

Instagram: @ cams.autobodyworks

Sumber:

https://www.suzuki.co.id/tips-trik/cara-mudah-membaca-kode-ukuran-ban-mobil