Mengenal Pencetak Buku: Perfect Binding

Posted on August 04, 2021

Ada yang pernah denger metode perfect binding sebelumnya? Sebagian dari kalian pasti belum mengenal dan mengetahui apa itu Perfect Binding. Nah, kali ini kita akan membahas tentang perfect binding. Perfect binding sendiri merupakan metode penjilidan.  Metode perfect binding ini memiliki ciri khas yang berbeda dimana hasil jilid sempurna hingga setiap ujung dari bagian kertas yang menempel pada cover. Buku yang terjilid tersebut disatukan dengan menggunakan lem panas. Lho kalau dengan menggunakan lem kayu atau lem kertas apakah berbeda ?

Tentunya penjilidan dengan lem kertas atau lem kayu (misal lem putih) juga bisa disebut perfect binding. Namun dari segi kekuatan, lem panas atau lem plastik yang dipanaskan memiliki daya rekat yang cukup sempurna bahkan sangat sulit untuk dilepas atau terlepas.

4 jenis penjilidan buku

Penjilidan merupakan salah satu bentuk teknik finishing untuk buku dan lain sebagainya. Dalam industri percetakan di Indonesia, terdapat 4 jenis penjilidan dan yang umum digunakan, seperti berikut:

Perfect Binding

Teknik perfect binding merupakan penjilidan dengan menggunakan lem panas. Salah satu sisi lembaran kertas yang akan dijadikan buku disayat dengan pisau untuk menimbulkan celah agar lem bisa masuk sempurna guna merekatkan lembaran-lembaran kertas. Perfect binding ini ada dua jenis, yaitu: jilid lem dan jilid lem + jahit benang.

Contoh mengaplikasi perfect binding untuk finishing buku jenis soft cover ataupun hard cover seperti laporan tahunan, majalah, novel, buku tahunan, skripsi dan lain sebagainya.

Wire Binding (jilid spiral)

Wire binding merupakan  teknik penjilidan dengan menggunakan spiral, baik spiral kawat maupun spiral plastik. Jilid spiral ini juga tersedia dalam berbagai jenis ukuran, dari yang kecil sampai besar, tergantung ketebalan kertas yang akan dijilid.

Selain itu ada beberapa macam pilihan warna agar bisa disesuaikan dengan hasil cetakannya. Sebagai contoh cetakan dengan teknik ini adalah proposal, portofolio, agenda, kalender dan lain sebagainnya. Melakukan penjilidan spiral ini  juga biasa digunakan untuk membuat sketch book. Jika Kalian  ingin mengetahui jilid spiral seperti apa, cobalah melihat sketchbook atau notes dan agenda yang dijilid spiral.

Saddle Stitching (jahit kawat)

Sedangkan saddle stitching merupakan teknik penjilidan dengan menggunakan jahit kawat atau sering disebut steples tengah. Lembaran kertas dilipat jadi dua bagian kemudian tengahnya diberi semacam kawat pengikat untuk mengikat buku atau media yang dijilid lainnya. Contohnya adalah buku tulis yang biasa kita temui sehari-hari.

Jilid Lakban 

Jilid lakban adalah teknik menjilid atau membuat buku dengan menggunakan lakban sebagai penutup dari staples dan covernya. Lakban yang digunakan pada usaha fotocopy umumnya lakban yang  berwarna hitam. Ukuran Lakban yang digunakan harus disesuaikan dengan ketebalan dokumen yang akan dijilid.

Itulah yang di maksud dengan perfect binding atau metode penjilidan. Semoga info di atas menambah pengetahuan mu ya.

Sedang mencari percetakan terdekat di Serpong untuk mencetak produk kebutuhanmu? Instaprint Serpong adalah jawabannya. Sebagai salah satu percetakan berkualitas di Serpong, lokasi Instaprint Serpong juga tergolong strategis.

Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Serpong, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dengan bahan dan hasil berkualitas.

Instaprint Serpong

Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten

Jam Operasional – Serpong

Mon – Fri : 08.00 – 00.00 WIB

Sat : 08.00 – 16.00 WIB

Sun : 13.00 – 21.00 WIB

P: +62 21 5312 3479

P: +62 21 5312 3489

WA: +62 813-1919-9188

Sumber:

https://maxipro.co.id/mengenal-perfect-binding-jilid-lem-panas/