Mengenal Jenis-Jenis Amplop

Posted on November 01, 2019


Image credit: Jakprint


Dari sekian banyak produk cetak untuk memenuhi keperluan kantor, amplop termasuk yang paling sering digunakan. Pasalnya, produk ini dipakai untuk menempatkan dokumen, surat, hingga uang. Akan tetapi, agar penampilan amplop terlihat lebih formal dan kreatif, kamu bisa mendesainnya dengan kreasi sesuai keinginan. Sebelum mendesain dan mencetak amplop menarik, ketahui dulu jenis-jenis amplop yang bisa dicetak di percetakan Instaprint sebagai berikut:

Amplop Kartu

Jenis amplop ini biasa digunakan untuk memasukkan kartu ucapan maupun undangan berukuran kecil sampai sedang. Dari segi ukuran, amplop kartu ini sebenarnya beragam. Hanya saja, kebanyakan berukuran kecil atau medium. Selain itu, material yang digunakan untuk mencetak amplop ini terbuat dari HVS, art carton, art paper, atau matte paper. Tidak hanya digunakan untuk membungkus kartu ucapan, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menaruh sedekah ke orang lain.

Amplop Panjang

Selain amplop kartu, amplop panjang atau disebut juga amplop DL seringkali digunakan oleh banyak orang. Jenis amplop ini dipakai untuk keperluan formal, dokumen kantor, undangan, hingga memberikan dan menyimpan sejumlah uang. Amplop panjang memiliki ukuran yang sudah pasti, yaitu 11 x 22 cm. Jika ingin mencetak amplop ini, bisa menggunakan bahan seperti HVS, kertas Samson, hingga art paper jika ingin terlihat lebih formal.

Amplop Folio / F4

Berikutnya adalah amplop folio atau amplop F4. Jenis amplop ini berukuran 21,5 x 33 cm. Perbedaan amplop folio dengan amplop DL adalah, bahwa dokumen atau kertas seperti  A4 dapat dimasukkan ke dalam amplop F4 tanpa harus dilipat. Hal ini karena ukurannya yang cukup besar. Dari segi fungsi pun sama, yaitu digunakan untuk menempatkan dokumen kenegaraan, lamaran kerja, hingga berkas kantor. Amplop ini biasanya memiliki warna cokelat seperti kertas Samson.

Tertarik untuk mencetak keperluan bisnismu?  Kamu bisa mengunjungi Instaprint Cengkareng di Rukan Paris Golf Lake Residence Blok B No.28, Jakarta Barat. Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Cengkareng, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dengan bahan dan hasil berkualitas.

Instaprint Cengkareng

Alamat: Rukan Paris Golf Lake Residence Blok B No.28, Jakarta Barat

Jam Operasional

Mon – Fri: 09.00 – 22.00 WIB

Sat: 09.00 – 20.00 WIB

Sun: Closed

Phone: +62 21 5431 3057

WA: +6287889113022

 

Sumber:

https://citramandiri.id/jenis-dan-ukuran-amplop-lengkap-dengan-penjelasan/