Manfaat Mencetak Hang tag dan Material Pembuatannya

Posted on April 14, 2021

Hang tag merupakan salah satu media promosi yang terdapat pada suatu produk. Hang tag memiliki beberapa manfaat penting agar dapat menambah nilai jual produk. Adapun manfaat mencetak hang tag pada produk, diantaranya:
1. Branding, Memperkuat merek dagang dan menunjukkan kelas suatu produk (market targeting)
2. Product information, Mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli
3. Trademark & originality, dapat Menghindar dari pemalsuan produk
4. Promotion, Media promosi yang efektif
5. Added value, Hang tag dengan disain dan bahan berkualitas menambah nilai suatu barang

Setelah mengetahui manfaat mencetak hang tag, ada baiknya juga mengetahui bahan dasar pembuatan hang tag, karena ada berbagai jenis kertas yang berbeda-beda, dan ada juga berat kertas yang digunakan pada pembuatan hang tag juga berbeda. Berikut, di bawah ini merupakan jenis kertas yang biasa digunakan pada pembuatan hang tag:

  1. Art Paper
    Jenis kertas ini bisa digunakan dalam pembuatan hang tag yang super tebal, karena kertas Art Paper memiliki daya tahan tinggi dan tentunya lebih awet saat digunakan dan disimpan dalam waktu yang lama.
    Art papermempunyai variasi ukuran ketebalan. Mulai dari 85 gram hingga 150 gram.
  2. Ivory
    Jenis kertas Ivory ini agak mirip dengan kertas Art Paper dan Art Cartoon. Meski demikian, kertas Ivory memiliki warna yang agak berbeda yaitu agak buram/tidak seputih dengan Art Paper & Art Cartoon. Dan perbedaan lainnya yaitu kertas Ivory ini hanya mempunyai satu permukaan yang licin. Yang menarik dari kertas Ivory adalah memiliki sisi yang glossy pada satu sisinya dan doff pada sisi satunya. Kertas ini memiliki ketebalan mulai 210 gsm dan 310 gsm.
  3. Glory
    Selanjutnya kertas Glory, yang memiliki kemiripan dengan jenis kertas foto dan memiliki permukaan yang mengkilap. Selain digunakan sebagai kertas untuk hang tag, kertas Glory juga digunakan untuk mencetak foto karena tampilannya yang cukup mengkilap.
  4. Duplex
    Kertas Duplex memiliki warna permukaan yang berbeda. Di satu sisi berwarna putih, sementara di sisi lainnya berwarna abu-abu. Perlu diketahui, hanya ada 1 sisi Duplex, yaitu sisi putih yang dapat dicetak. Selain itu, ada varian ukuran Duplex yang bisa dipilih untuk hang tag, yaitu 230 gsm sampai 450 gsm.

Dengan beragam jenis kertas di atas, tentunya dapat dipilih mana yang tepat untuk dijadikan sebagai hang tag jenis produk yang dimiliki.

Sedang mencari percetakan terdekat di Cengkareng atau Bandara Soekarno Hatta untuk mencetak produk kebutuhanmu? Instaprint Cengkareng adalah jawabannya. Sebagai salah satu percetakan berkualitas di Cengkareng, lokasi Instaprint Cengkareng juga tergolong strategis.

Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Serpong, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dengan bahan dan hasil berkualitas.

Instaprint Cengkareng

Alamat : Rukan Paris Golf Lake Residence Blok B No.28, Jakarta Barat

Jam Operasional

Mon – Fri : 09.00 – 22.00 WIB

Sat : 09.00 – 20.00 WIB

Sun : Closed

  1. : +62 21 5431 3057

WA: +62 878-8911-3022

Sumber:

https://www.galtyslabelsticker.com/bahan-pembuatan-hangtag/

https://nainoffset.com/cetak-hang-tag-paper-tags/