Langkah Membuat Moodboard yang Keren dan Menarik!

Posted on October 03, 2019

Image credit: Sketchappsources
Image credit: Sketchappsources.com


Moodboard
adalah media dari suatu perancangan desain. Media tersebut terdiri dari beberapa kolase gambar, sifat, warna, dan sampel objek dalam suatu komposisi. Tujuan dari moodboard adalah untuk memberikan gambaran atau referensi dalam menentukan tema atau topik kepada pihak kedua. Jika hanya memberikan gambaran secara abstrak dan tidak ada contohnya, dapat membuat klien keliru dan meragukan keahlian kita. Dengan adanya moodboard juga dapat meningkatkan pemahaman serta kepercayaan dari klien terhadap jasa yang ditawarkan. Berikut langkah untuk membuat moodboard:

  1. Tentukan Tema

Tahap pertama adalah membuat tema yang akan dipresentasikan dalam moodboard. Tema dijadikan sumber suatu ide dari kreativitas yang ingin dicurahkan. Klasifikasi tema juga dibuat mengikuti perkembangan zaman. Misalnya: tema tradisional atau modern.

  1. Kumpulkan beberapa gambar

Gambar merupakan visualisasi yang menampilkan suatu objek untuk menunjukkan suatu citra tertentu. Pada langkah pengumpulan gambar, kamu perlu mencari gambar – gambar yang sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Pilih gambar yang memiliki keterikatan satu sama lain. Wadah untuk mencari beberapa gambar dapat melalui majalah, ataupun situs internet seperti: Google dan Pinterest.

  1. Seleksi tone warna

Setelah mendapatkan beberapa gambar yang sesuai tema, kamu dapat mulai menyeleksi warna yang tercantum dalam gambar tersebut. Lampirkan warna untuk memperjelas tema yang ditentukan. Biasanya suatu tema memiliki warna yang identik. Contohnya seperti Halloween, yang identik dengan warna oren, ungu, dan hitam.

  1. Definisikan sifat

Apabila informasi dalam penyusunan moodboard dirasa kurang jelas, kamu dapat menambahkan keterangan sifat atau tekstur yang tertera dalam referensi gambar. Buatlah moodboard sebaik – baiknya sebagai panduan dengan klien.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

 

Sumber:

https://fitinline.com/article/read/tips-membuat-mood-board-desain-baju-dengan-cara-manual-dan-digital-yang-bisa-anda-coba/

https://www.dkvbanget.com/2018/05/merancang-mood-board-referensi.html

https://jambi.tribunnews.com/2016/06/06/apa-itu-moodboard-gunanya-apa-baca-ini-biar-tahu