Jenis-Jenis Bahan Untuk Cetak Spanduk Dan Banner

Posted on June 11, 2021

Spanduk dan banner saat ini memiliki peran yang penting dalam dunia promosi bisnis, karena kedua media cetak ini dapat terbaca dengan mudah oleh masyarakat. Selain bisa dipasang di luar ruangan, spanduk maupun banner dapat dipasang di dalam ruangan sehingga media ini sangat berfungsi secara efektif.

Seiring berkembangnya teknik cetak, bahan cetak spanduk dan banner saat ini kian beragam dengan menggunakan digital printing. Jika sebelumnya spanduk banyak dicetak menggunakan bahan kain karena belum ada jenis bahan lainnya. Saat ini bahan cetak spanduk dan banner telah memiliki berbagai jenis bahan yang bisa dicetak sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Nah, berikut di bawah ini merupakan jenis-jenis bahan cetak spanduk dan banner. 

  1. Flexi China

Jenis bahan cetak spanduk dan banner ini memiliki permukaan yang kasar, agak tipis dan berserat. Bahan Flexi China biasanya sering dipakai untuk pembuatan spanduk outdoor. Bahan Flexi China juga tersedia dalam berbagai gramasi tetapi yang sering dipakai dalam digital printing adalah 260 gram, 280 gram serta 340 gram. Selain bagus dan tahan lama, kekurangan dari spanduk ini nantinya lama kelamaan warnanya akan memudar serta retak. Selain digunakan untuk outdoor bahan ini juga bagus jika digunakan untuk pembuatan spanduk indoor.

  1. Flexi Korea

Dari segi kualitas, bahan Flexi Korea lebih bagus dibandingkan dengan Flexi China, dikarenakan Flexi Korea memiliki tekstur yang lebih halus sehingga bisa menghasilkan cetakan yang lebih bagus. Bahan Flexi Korea memiliki ketebalan yang baik sehingga sering dipakai untuk pembuatan banner maupun spanduk untuk outdoor. Flexi Korea tersedia dalam gramasi antara 250 sampai 400 gram.

  1. Flexi Jerman

Kualitas bahan Flexi Jerman tak perlu diragukan lagi karena terbukti lebih bagus dibandingkan bahan Flexi China dan Korea. Dari segi ketebalan Flexi Jerman sangat baik untuk pembuatan media iklan yang dipasang secara outdoor. Tetapi tak jarang bahan ini juga sering dipakai untuk pembuatan x banner indoor. Dengan gramasi sekitar 230-400 gram membuat harga bahan ini memang lebih mahal tetapi sebanding dengan kualitas yang dimilikinya.

  1. Albatros

Jenis bahan cetak spanduk dan banner yang satu ini memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga sangat cocok dipakai untuk pembuatan media promosi indoor. Bahkan ada juga yang menggunakan bahan ini sebagai media untuk cetak foto berukuran besar.

  1. Luster

Bahan Luster memiliki tekstur yang cendrung kasar, mengkilap serta memiliki bahan yang tipis. Bahan Luster biasanya dipakai untuk pembuatan media iklan indoor seperti X Banner serta Roll Up Banner. Karena sifatnya yang sudah mengkilap menjadikan bahan ini tidak perlu dilaminasi lagi.

Sedang mencari percetakan terdekat di Bintaro untuk mencetak produk kebutuhanmu? Instaprint Bintaro adalah jawabannya. Sebagai salah satu percetakan berkualitas di Bintaro, lokasi Instaprint Bintaro juga tergolong strategis.

Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Serpong, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dengan bahan dan hasil berkualitas.

INSTAPRINT BINTARO

Ruko Kebayoran Arcade 5 Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

Jam Operasional – Bintaro

Mon – Fri: 09.00 – 22.00 WIB

Sat: 09.00 – 20.00 WIB

Sun: Closed

  1. : +62 21 2292 9165
  2. : +62 21 2292 9166

WhatsApp: +62 877-7000-9935

Instaprint BSD

Sumber: https://www.infocetak.com/berbagai-macam-bahan-untuk-cetak-spanduk-dan-banner/