Hal yang perlu diperhatikan untuk mencetak label kemasan

Posted on May 20, 2021

Label kemasan merupakan wadah pembungkus atau pengemasan suatu produk. Tujuan dari label kemasan adalah untuk mempromosikan suatu produk, karena dengan label kemasan dapat meningkatkan penjualan suatu produk, menguatkan branding usaha, dan menyampaikan informasi mengenai brand, kualitas, legalitas, kode produksi, dan lain sebagainya. Selain itu, label kemasan juga kadang sebagai penentu keputusan pembelian produk pada calon konsumen.

Pada umumnya label kemasan berbentuk plastik, stiker dan kertas. Label kemasan ini dapat ditempelkan atau dipasang pada botol, standing pouch, atau pada kemasan lainnya. Untuk mencetak label kemasan ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, simak penjelasannnya di bawah ini.

  1. Memahami Produk

Pertama, untuk mencetak label kemasan ada baiknya ketahui dulu produk yang ingin di pasarkan. Misalnya, jika memiliki bisnis seperti berjualan minuman maka pilihlah label kemasan yang tahan air seperti stiker vinyl, karena jenis stiker ini yang memiliki daya rekat tinggi dan tahan air, sehingga produk minuman yang di pasarkan walaupun terkena air maka label kemasannya tetap awet dan tidak luntur.

  1. Membuat Desain Unik

Seperti yang dijelaskan di atas, fungsi label kemasan salah satunya untuk mempromosikan suatu produk. Maka dari itu jika membuat label kemasan maka buatlah dengan desain yang unik, simple dan berbeda dari kompetitor lainnya. Desain kemasan yang unik dan menarik perhatian dapat mendongkrak penjualan sebuah produk. Orang tidak lagi melihat produk sebagai penentu keputusan pembelian, melainkan desain kemasan sebuah produk.

Karena terkadang orang bisa langsung tertarik dengan produk yang ditawarkan hanya melalui kemasannya. Salah satu cara untuk membuat kemasan produk menarik adalah dengan mendesain dan mencetak label kemasan yang sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Untuk membuat desain stiker kemasan yang menarik dapat menggunakan aplikasi desain seperti corel draw, adobe photosop dan Adobe ilustrator. Namun jika tidak memiliki kemampuan mengoprasikan software tersebut. Maka dapat memanfaatkan platform desain gratis seperti canva, DesignBold, Snappa, Piktochart , wix, dll.

  1. Memilih Percetakan yang Tepat

Langkah terkahir adalah mencari tempat percetakan label kemasan yang tepat. Pilihlah tempat percetakan yang memiliki hasil percetakan yang berkualitas dan sudah terkenal di mana-mana, serta sudah diakui kualitas cetakannya. Perlu diketahui bahwa sebagus apapun desain label kemasan yang dibuat, tapi jika memilih percetakan yang kurang tepat maka hasil cetakan label pun akan buruk.

Selain itu, Pastikan harga label kemasan sesuai dengan kualitasnya. Jangan mudah tergiur dengan harga murah jika kualitasnya tidak sesuai.

Sedang mencari percetakan terdekat di Gading Serpong untuk mencetak produk kebutuhanmu? Instaprint Gading Serpong adalah jawabannya. Sebagai salah satu percetakan berkualitas di Gading Serpong, lokasi Instaprint Gading Serpong juga tergolong strategis.

Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Serpong, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dengan bahan dan hasil berkualitas.

Instaprint Gading Serpong

Ruko Paramount 7CS Blok DF3 no 9. Paramount  Serpong, Gading Serpong, Tangerang

Jam Operasional – Gading Serpong

Mon – Fri : 09.00 – 22.00 WIB

Sat : 09.00 – 20.00 WIB

Sun : Closed                    

  1. : +62 21 2222 6454

WA: +62 813-5675-9990

Sumber:

https://nainoffset.com/cetak-etiket-label-kemasan/

https://digibook.id/blog/cetak-sticker-label-kemasan/

https://digibook.id/blog/cetak-sticker-label-kemasan/