Bahan Kertas untuk Membuat Kemasan

Posted on May 18, 2021

Jika kamu memiliki usaha seperti menjual suatu produk, tentunya kamu membutuhkan packaging yang bagus, agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk yang kamu jual. Nah, agar konsumen tertarik untuk membeli produkmu, maka kamu perlu mengetahui jenis-jenis bahan kertas yang bisa kamu jadikan kemasan packaging yang berbahan dasar dari kertas. Simak ulasannya di bawah ini.  

  1. Kertas Ivory

Kertas Ivory mungkin sudah sering kamu dengar, karena kertas ini memang memiliki berbagai fungsi salah satunya, kertas ivory ini dapat dijadikan sebagai packaging. Baik dari packaging makanan maupun packaging kosmetik. Kertas ini cocok digunakan sebagai packaging karena memiliki tekstur yang cukup tebal dan kokoh.
Karakteristik dari kertas ini adalah memiliki 2 sisi yang berwarna putih dengan tekstur yang berbeda. Sisi satunya bertekstur halus dan sisi satunya juga bertekstur agak kasat.

  1. Kraft

Selain kertas ivory, ada juga kertas kraft yang dapat dijadikan packaging. Kertas karft ini memiliki warna coklat dan ada juga kertas kraft yang berwarna putih, Kertas kraft ini juga bersifat kuat, keras, dan memiliki daya serap yang rendah. Oleh karena itu kerts ini biasa dipakai di bagian luar corrugated paper yang berfungsi memberi kekuatan jebol (burst strength) dan menahan kelembapan/basah (moisture resistance, wet strength). Selain untuk bahan corrugated paper, kertas kraft juga banyak digunakan untuk membuat kemasan berbentuk kantung, pelapis packaging hijab, pembungkus, amplop, dan sebagainya.

  1. Kertas Karton

Selanjutnya, Kertas karton atau yang biasa disebut dengan paperboard. Kertas ini terbuat dari bahan dasar bubur kertas (pulp) atau kertas daur ulang yang sudah dicampur. Pada umumnya, kertas ini memiliki warna coklat dengan tekstur yang beragam. Ada yang halus, ada juga yang bertekstur kasar. Kertas ini memiliki gramatur lebih dari 200 gsm dan bisa dibuat berlapis sehingga lebih kuat dan kokoh.

Kertas karton banyak digunakan untuk membuat dus/box makanan, peralatan ATK, kado/bingkisan, box mainan, box busana, box peralatan elektronik, dan kemasan lain yang berukuran tidak terlalu besar.

  1. Kertas Duplex

Kertas Duplex merupakan kertas yang mudah dikenali karena kertas ini memiliki ciri khusus, salah satunya memiliki permukaan halus yang berwarna putih dan permukaan lainnya berwarna abu-abu kasar. Kertas duplex banyak digunakan untuk kemasan makanan/kue, dus nasi kotak, kemasan obat/kosmetik, kemasan busana, dan kemasan lain yang berukuran kecil dan tidak membutuhkan kekuatan besar. Ada pula jenis kertas duplex food grade yang dipakai untuk membuat piring kertas dan kemasan cepat saji (Duplex Board White Back).

Gramasi kertas duplex bermacam-macam mulai dari 230 gsm hingga 450 gsm. Meskipun kurang kuat (mudah rusak) dan daya resapnya besar (mudah ditembus cairan), dus berbahan kertas ini sangat populer karena harganya murah, mudah dibentuk, dan mudah dicetak menggunakan mesin cetak offset atau disablon.

  1. Yellow Board

Karena kertas yellow board memiliki kesan kokoh dan kuat, maka kertas ini biasa digunakan untuk membuat undangan hard cover, box souvenir, box cincin. Tapi perlu diketahui, bahwa jenis kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapis dengan art paper atau duplex dan bahan lainya jika mau dicetak. Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 25, 30, 40 .

Sedang mencari percetakan terdekat di Serpong untuk mencetak produk kebutuhanmu? Instaprint Serpong adalah jawabannya. Sebagai salah satu percetakan berkualitas di Serpong, lokasi Instaprint Serpong juga tergolong strategis.

Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Serpong, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dengan bahan dan hasil berkualitas.

Instaprint Serpong

Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten

Jam Operasional – Serpong

Mon – Fri : 08.00 – 00.00 WIB

Sat : 08.00 – 16.00 WIB

Sun : 13.00 – 21.00 WIB

P: +62 21 5312 3479

P: +62 21 5312 3489

WA: +62 813-1919-9188