5 Bagian Ini Harus Di Cek Setelah Melakukan Perjalanan Jauh

Posted on May 20, 2022

Setelah berpergian jauh, mobilmu butuh diperiksa. Apalagi di moment lebaran seperti beberapa minggu lalu, dimana mobilmu melewati berbagai perjalanan dengan kondisi yang beragam.

Kamu bisa melakukan pemeriksaan untuk mobilmu dirumah, terutama pada bagian ini:

  1. Bagian pelumas atau oli.

Ketahuilah Kendaraan yang digunakan untuk berpergian dengan jarak yang jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, menyebabkan tinggi suhu mesin dapat membuat kekentalan oli dan volume-nya berkurang. Maka pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli di bagian bawah. Untuk pengecekan bagian oli ini, lebih baik pada saat mesin sedang kondisi dingin di pagi hari dan di kondisi yang datar.

  1. Bagian kaki-kaki

Kondisi serta medan jalan yang bervariasi memaksa komponen bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan. Pastikan memeriksa shock absorber, lower arm dan jangan lupa keausan ban serta tekanan angin. Jika ingin melakukan pemeriksaan kaki-kaki secara mandiri, paling baik adalah dengan menaikkan kendaraan menggunakan dongkrak.

  1. Bagian pengereman

Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama memberikan beban pengereman bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik. Ganti komponen ini bila sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa mengisi minyak rem sesuai rekomendasi yang telah ditentukan.

  1. Bagian filter bahan bakar

Selama perjalanan mudik terkadang kondisi memaksa pemilik kendaraan mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan rekomendasi pabrikan. Ini untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar di area tujuan. Jangan lupa setelah mudik mengecek filter bahan bakar dan dapat menggantinya untuk meminimalisir kotoran yang masuk dalam ruang bakar.

  1. Bagian interior dan filter AC

Interior kendaraan wajib bersih dari sisa makanan dan minuman dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi. Filter AC atau filter kabin juga perlu perhatian. Jika semburan AC terasa kecil dan tidak dingin bisa jadi terhambat kotoran pada filter. Selain itu, filter ini memberikan udara bersih untuk pengguna kendaraan. Jika filter kabin kotor maka bisa menimbulkan bau tidak sedap saat mesin pertama kali dinyalakan.

Apabila mobil kamu mengalami kerusakan bodi akibat kecelakaan, baret, atau benturan, bisa mengunjungi bengkel spesialis bodi mobil, CAMS Bodyworks. Dengan tenaga ahli berpengalaman, CAMS Bodyworks memberikan pelayanan terbaik untuk memperbaiki kerusakan bodi mobil dan melakukan body paint dengan menggunakan real oven.

Selain itu, CAMS Bodyworks juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi dalam menerima klaim asuransi kendaraan, apabila terjadi kecelakaan besar. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi workshop CAMS atau menghubunginya lewat telepon, e-mail, dan DM Instagram:

CAMS Bodyworks – Paint and Body Specialist

Alamat : Jl. Telaga Gunung Serpong Raya No.8, Catalina, Gading, Serpong, Tangerang, Banten 15334

Jam Operasional:

Senin (8:30 - 17:00)

Sabtu (8:30 - 13:30)

E-mail : cams.bodyworks@gmail.com

No. Telepon : 0818 696 049 (Novril)

Instagram: @ cams.autobodyworks

Sumber:

https://www.oto.com/tips-mobil/lima-bagian-ini-perlu-diperiksa-pada-kendaraan-usai-mudik